Tags

, , , , , , , , ,

SecretSanta2014

clockwork threeJudul: The Clockwork Three (Tiga Anak dan Satu Jam)

Penulis: Matthew Kirby

Penerjemah: Julanda Tantani

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2014)

Halaman: 448p

Gift from Secret Santa!

Tiga orang anak tinggal di sebuah kota pelabuhan di Amerika Serikat. Ketiganya tidak saling mengenal, dan memiliki masalah dalam hidup masing-masing.

Giuseppe adalah pengamen jalanan yang diculik dari tanah kelahirannya di Italia, dan kini hidup di bawah kekuasaan bosnya yang kejam. Suatu hari ia menemukan sebuah biola hijau ajaib, yang memungkinkannya untuk menyusun rencana kabur kembali ke Italia.

Frederick bekerja sebagai asisten pembuat jam. Masa lalunya yang kelam di panti asuhan, dan ketidaktahuannya terhadap identitas ibunya, membuat Frederick tumbuh dengan penuh kepahitan. Ia bertekad untuk membuktikan kesuksesannya, dengan membuat sebuah manusia jam yang memiliki sistem yang sangat rumit. Namun siapa yang akan menyangka kalau manusia jam itu akan mengubah hidup Frederick – ke arah yang tak terduga?

Semenjak ayahnya terkena stroke, Hannah terpaksa berhenti sekolah dan bekerja sebagai pelayan hotel. Namun suatu hari, pengetahuan tentang adanya harta karun tersembunyi membuatnya terpicu untuk menemukan harta tersebut, yang ia yakin dapat menjadi solusi bagi keluarganya keluar dari kemiskinan.

Berbagai kejadian dan kebetulan mempersatukan ketiga anak ini untuk saling membantu mengatasi masalah masing-masing. Petualangan dan teka-teki mereka jalani, demi menemukan keajaiban, jalan keluar dan kehidupan yang lebih baik. Namun banyak tantangan yang harus mereka hadapi, termasuk orang-orang jahat di sekitar mereka, serta bahaya yang mengancam dari mana-mana.

The Clockwork Three adalah jenis buku anak-anak (setingkat middle grade) yang memiliki bumbu sempurna: karakter yang cukup bisa disukai, setting kota imajiner yang menarik, petualangan dan misteri seru, juga kisah persahabatan yang believable. Meski begitu, layaknya buku anak, tentu banyak juga hal-hal yang terpaksa dimaklumi, seperti karakter penjahatnya yang terlalu satu dimensi, juga beberapa plot yang tidak mendapat penjelasan memadai. Oya, hubungan antara Hannah dan Frederick juga lebih cocok untuk buku YA dibandingkan buku yang ditujukan pada pembaca middle grade.

Tapi secara keseluruhan, saya cukup menyukai kisah petualangan ketiga sahabat ini. Tadinya saya menyangka akan ada lanjutan kisah lainnya, tapi ternyata buku The Clockwork Three sampai saat ini masih merupakan standalone dan bukan serial.

Thank you my Santa, yang sudah berbaik hati membelikan buku ini untuk saya🙂

And speaking of which… Sekarang saatnya menebak siapakah Santa saya tersayang?🙂 Sebelumnya, yuk kita rekap dulu riddle yang saya terima, dan sedikit analisa ala Papa Poirot (dan Om Google) yang sudah saya lakukan:

The Riddle

The Riddle

“Sepuluh pria berkata “Inilah Cinta”

Kalau kau bertemu mereka, mungkin kalian akan kesulitan berkomunikasi.

Aku pun demikian.

Di nomor 11, mereka bilang “Terlalu Banyak Perempuan Cantik”, tapi aku senang karena aku berada di antaranya.

Temukan aku…..”

1) Sepuluh pria: ini naga-naganya merujuk pada boyband Korea, apalagi ada kalimat “kalian akan kesulitan berkomunikasi…” Kalau merujuk pada artis dari Amerika/Indonesia nggak mungkin kan ya? Dan lagi, entah kenapa boyband Korea memang selalu keroyokan. Saya sempat agak jiper karena saya bukan pemerhati Kpop sama sekali. Tapi tenang, ada Google yang siap membantu.

2) Setelah googling-googling, muncullah tersangka kuat utama dari boyband Korea beranggotakan 10 orang: Super Junior! Naaah…sekarang tinggal mencocokkan dengan judul lagu yang disebutkan di riddle nih. Ternyata, ada salah satu album berjudul “This Is Love” (Inilah Cinta???), yang track No.11 nya berjudul “Too Many Beautiful Girls”. Horeeeee!

3) Mari kita lihat lirik lagu Too Many Beautiful Girls ini:

Pongdangpongdang tto fallin’ sarangi dagawa
Jeulgeoun iyu i sesangeneun with too many beautiful girls
Come on come on girls come on. Come on yeah
Jeulgeoun iyu i sesangeneun with too many beautiful girls

Nanananananana woo
With too many beautiful girls nanananananana woo

Yes, apakah kamu melihat pola nya di sana? Nananananana…… sounds familiar? Salah satu member BBI yang juga anggota divisi event!!! Plus, berbagai stalking ke akun Twitter maupun status BBM Nana menunjukkan dia adalah fans berat Suju🙂 Apakah Nana memang benar Santa saya? Tapi kan… kado saya dititipkan melalui dia?!?!

4) Red herring?–layaknya kisah detektif, ternyata kasus Santa saya mengandung  pengalih perhatian juga! Yeay, seru🙂 Nana memang bilang ke saya kalau dia dititipi kado oleh Santa saya. Bahkan dia sempat bilang: “kertas kadonya jangan jadi petunjuk karena itu dari aku”. Hmmm….something is fishy here ;p Setelah dipikir-pikir, karena yang kasih tau informasi mengenai X saya adalah Chei, lebih masuk akal kalau Santa saya nitipnya ke Chei juga… Makin yakinlah saya kalau ini jebakan batman🙂

Jadi tanpa berpanjang lebar lagi, saya menebak dan mengesahkan Nana sebagai Santa saya kali ini. Semoga saja bener yaaa🙂 Thanks Santa, for giving me these wonderful gifts and very fun riddle🙂

Makasih juga buat semua divisi event yang tanpa lelah berusaha menyukseskan event seru ini🙂 Jangan kapok ya guuuysssss😄

Submitted for:

Banner_BacaBareng2015-300x187

Baca Bareng Buku Secret Santa