Tags

, , , , , ,

homicide hardcoverJudul: Homicide in Hardcover

Penulis: Kate Carlisle

Penerbit: Obsidian (2009)

Halaman: 289p

Beli di: Better World Books (USD 5,98, disc 20% – thanks Ren!)

Cozy mystery adalah salah satu genre yang menjadi “guilty pleasure” saya. Kisah misterinya tidak terlalu berat, tokohnya manusiawi (alias orang biasa), dan settingnya biasanya seru- entah di toko buku, cafe, studio yoga, atau tempat lain yang memang merupakan tempat aktivitas sehari-hari.

Saya terutama tertarik dengan kisah yang memiliki setting perbukuan (dan ini cukup populer di kalangan kisah-kisah cozy mystery).

Homicide in Hardcover adalah buku pertama dari A Bibliophile Mystery Series. Tokoh utamanya, Brooklyn Wainwright, berprofesi sebagai ahli restorasi buku (memperbaiki buku-buku kuno dan antik), dan memiliki workshop di San Francisco.

Suatu hari, saat menghadiri pesta untuk Abraham Karastovsky, mentor sekaligus sahabat baiknya, Brooklyn terkejut menemukan Abraham tewas bergelimang darah. Apalagi saat itu Abraham sedang mengerjakan proyek restorasi buku Faust yang disebut-sebut sebagai buku penuh kutukan. Apakah kematiannya berhubungan dengan kutukan tersebut? Atau memang ada orang yang menaruh dendam pribadi pada Abraham?

Dibantu oleh Derek Stone, detektif dari Inggris yang misterius, Brooklyn berusaha menemukan siapa pembunuh Abraham. Namun penyelidikannya ternyata membawanya ke masa lalu Abraham yang tak terduga, dan juga rahasia keluarga Brooklyn sendiri.

Buku ini menyenangkan karena memiliki banyak faktor menarik: setting San Francisco yang digambarkan dengan sangat akurat, pengetahuan baru tentang teknik restorasi buku yang disampaikan tidak dengan membosankan, juga banyaknya adegan Brooklyn menikmati makanan- saya selalu suka buku-buku yang menyelipkan deskripsi kuliner di dalamnya.

Namun kisah misterinya sendiri- seperti buku dengan genre cozy mystery pada umumnya- tidak semenggigit yang diharapkan. Banyak loophole di sana-sini, juga karakter Brooklyn yang kadang sangat cerdas namun bisa menjadi bodoh luar biasa- demi supaya ada beberapa adegan romantis di mana ia harus diselamatkan oleh sang detektif misterius.

Kalau ada satu hal yang saya kurang suka dari buku ini (dan cozy mystery in general), itu adalah unsur romance yang terlalu kental. Mungkin karena saya juga bukan termasuk penggemar romans, jadi butuh kesabaran luar biasa untuk menghadapi selingan adegan romantis di sana-sini.

Namun, dibandingkan dengan beberapa serial cozy mystery lainnya, Homicide in Hardcover masih termasuk memiliki banyak poin plus, dan saya sangat merekomendasikannya untuk pencinta genre cozy mystery- atau bahkan pencinta romance yang ingin sedikit bertualang dengan kisah pembunuhan.

Beberapa buku lanjutan kisah misteri Brooklyn:

book-stops-here-240ha cookbook conspiracymurder-under-cover-240h

 

 

 

 

 

 

Covernya bikin ngiler semua kaaaan? 😄

Advertisements