Tags

, , , , , , , , , ,

112263Judul: 11.22.63

Penulis: Stephen King

Penerbit/edisi: Hodder & Stoughton paperback edition (2012)

Pages: 740p

Beli di: Periplus Surabaya (IDR 115k disc 20%)- thanks Mbak Maria πŸ™‚

What if you got a chance to change one watershed moment in the history of the world?

Jake Epping adalah seorang guru bahasa Inggris di sebuah SMA di kota kecil Lisbon Falls, Maine. Kehidupannya yang biasa-biasa saja di tahun 2011 berubah total saat Al Templeton, pemilik kedai burger di kota tersebut, memintanya untuk melakukan misi khusus.

Al ternyata menemukan sejenis portal yang bisa membawa orang kembali ke tanggal 9 September 1958. Portal tersebut bisa digunakan berkali-kali, dan setiap pengulangan akan me-“reset” kembali dunia seperti sediakala. Obsesi Al adalah kembali ke tahun 1958 dan mencegah pembunuhan John F Kennedy yang terjadi di Texas tanggal 22 November 1963. Karena Al sakit parah, dia pun menyerahkan tampuk tersebut pada Jake.

Jake memulai petualangannya di tahun 1958, mengunjungi dunia tanpa internet, ponsel dan kemudahan teknologi lainnya. Dunia yang meski sulit, namun orang-orangnya jauh lebih ramah dibandingkan tahun 2011. Namun sejarah tidak semudah itu untuk diubah, dan masa lalu lebih sering melawan daripada menuruti keinginan Jake.

Apalagi, setelah Jake bertemu langsung dengan Lee Harvey Oswald, penembak JFK yang akan mengubah sejarah dunia. Apakah ia sanggup mencegah peristiwa naas tersebut?

Saya belum bisa disebut sebagai fans Stephen King- ini adalah buku pertamanya yang saya baca- dan saya juga bukan penggemar kisah time traveling. Tapi tanpa disangka-sangka, saya sangat sangat menikmati 740 halaman buku 11.22.63 ini πŸ™‚

Stephen King mungkin adalah salah satu pencerita paling hebat di generasinya. Ia dengan lancar dan tampak effortless menuturkan kisah ambisius tentang perjalanan melintasi waktu- menggabungkan kisah science fiction dengan sejarah- tanpa menjadikannya rumit maupun sulit dimengerti.

Jake Epping adalah salah satu narator terbaik yang pernah saya temui, menyebabkan saya sangat mudah untuk menyukainya bahkan sedikit having crush dengannya πŸ™‚ Perjalanannya kembali ke Amerika di tahun 50an sangat menarik karena melibatkan hal-hal kecil sehari-hari yang kini luput dari perhatian kita (di tahun 1958 kita tidak bisa meng-googling orang dengan mudah misalnya, dan rasa makanan dan minuman jauh lebih enak dari sekarang karena tidak memakai bahan pengawet yang berlebihan).

Kisah romance yang diselipkan di tengah buku memang agak terlalu “manis” untuk selera saya, tapi masih oke lah untuk diikuti. Yang pasti, King bisa membangun tensi dengan sangat baik, tetap membuat saya penasaran sampai ke halaman terakhir, dan membubuhkan detail-detail dengan teliti yang nantinya akan membentuk satu lingkaran utuh di akhir kisah.

A very good way to start my journey with Mr. Stephen King!

Trivia:

  • Conspiracy Theories

Stephen King banyak membahas tentang teori konspirasi pembunuhan JFK, terutama yang mengatakan bahwa Lee Harvey Oswald hanyalah sebuah pion di antara rencana yang lebih besar. Beberapa teori yang terkenal antara lain melibatkan CIA, Mafia, Wakil Presiden saat itu, Lyndon Johnson (yang menjabat jadi presiden setelah kematian JFK dan memprakarsai Perang Vietnam), serta KGB dan intel Rusia sebagai dalang kematian JFK. Teori mana yang benar, entahlah, karena tidak ada bukti yang benar-benar kongkrit tentang latar belakang terjadinya tragedi ini.

  • Book Depository

Texas School Book Depository adalah nama tempat Lee Harvey Oswald membidik dan menembak JFK yang sedang berkeliling dengan mobil terbuka. Oswald mendapatkan akses ke gedung ini karena ia bekerja di sana. Sekarang, Texas Book Depository kini digunakan sebagai gedung administrasi Dallas County. Just wondering if The Book Depository (our very favorite online bookstore!) mendapatkan ide namanya dari sini?

  • Β The Best of King?

Sekali lagi, saya belum jadi fans berat Stephen King karena baru pertama kali inilah saya membaca bukunya. Tapi, setelah browsing sana-sini, saya menemukan list menarik dari Rolling Stone yang menjabarkan 10 buku terbaik King yang wajib dibaca. Kebetulan, 11/22/63 juga masuk di list tersebut, membuat saya cukup percaya dengan sisa judul buku lainnya. Sementara itu, Book Riot pernah menuliskan artikel menarik tentang The Pathways to Stephen King, dan menganjurkan pembaca yang suka dengan 11/22/63 untuk membaca Under The Dome. Yeay! Kebetulan memang sudah ada di timbunan πŸ™‚

Submitted for:

Posbar Tema Buku Angka bulan November 2014

Posbar Tema Buku Angka bulan November 2014

Advertisements