Tags

, , , , , ,

doll bonesJudul: Doll Bones

Penulis: Holly Black

Penerbit: Margaret K.McElderry Books (2013)

Halaman: 244p

Beli di: Amazon (USD12.59)

Doll Bones bercerita tentang tiga orang sahabat: Poppy, Zach, dan Alice, yang tinggal dan bersekolah di kota kecil di Pennsylvania. Mereka berteman sejak kecil dan memiliki hobi yang sama: bermain dengan boneka dan action figure.

Poppy jago menciptakan alur cerita yang seru dan imajinatif, Zach biasanya melanjutkan ide-ide Poppy dengan gemilang, sementara Alice dapat diandalkan untuk mengeksekusi ide teman-temannya menjadi permainan yang seru. Salah satu tokoh ciptaan mereka yang merupakan penguasa paling kejam adalah Great Queen, boneka porselen antik (china doll) milik ibu Poppy.

Kini ketiga sahabat tersebut sudah duduk di sekolah menengah, dan akan menginjak masa remaja. Banyak yang berubah, termasuk Zach yang dilarang ayahnya untuk bermain boneka dengan anak-anak perempuan. Hari-hari permainan mereka sepertinya harus berakhir, namun Poppy tiba-tiba mendapatkan mimpi aneh yang melibatkan Great Queen- mimpi seram yang meminta anak-anak tersebut untuk menguburkan Great Queen di tempat peristirahatan terakhir.

Ternyata ada kisah misterius di balik pembuatan Great Queen, yang melibatkan anak perempuan bernama Eleanor. Maka Poppy, Zach dan Alice pun menyongsong petualangan terakhir mereka- sekaligus meninggalkan masa kanak-kanak yang sudah mereka kenal.

Doll Bones adalah buku karya Holly Black- yang terkenal sebelumnya dengan serial The Spiderwick Chronicles. Tak heran buku ini pun penuh dengan unsur misteri, petualangan, dan sedikit kisah horor yang diselipkan di tengah-tengahnya.

Yang saya suka dari buku ini – seperti kebanyakan buku Newbery lainnya- adalah kisah coming of age yang dikemas dengan unik. Bagaimana ketiga sahabat Zach, Poppy dan Alice menghadapi perubahan besar dalam hidup mereka dan berusaha untuk berkompromi dengan keluarga, pertemanan bahkan hobi mereka.

Yang unik, Black menyuguhkan simbol masa kanak-kanak melalui tokoh-tokoh khayalan ketiga sahabat ini, yang tiba-tiba menjelma menjadi kisah nyata dalam hidup mereka. Dunia mainan yang sebelumnya terasa aman, kini masuk dalam hidup mereka dan menjadi nyata- bahkan membuat persahabatan mereka terganggu.

Pencarian jati diri, juga masalah keluarga menjadi unsur lain yang dibahas oleh Holly Black. Keluarga Zach, Poppy maupun Alice digambarkan memiliki masalah yang beragam, mulai dari perpisahan orang tua, nenek yang kelewat protektif, atau orang tua yang terlalu sibuk.

Meski tidak sedahsyat beberapa buku Newbery lain, Doll Bones cukup menonjol dengan temanya yang tidak biasa, dan saya sendiri cukup merinding ketika membaca beberapa adegan horor yang melibatkan si boneka porselen. Hiiiii…..

China doll adalah sebutan untuk boneka yang terbuat dari porselen, biasanya boneka antik. Sebutan china merujuk pada bahan porselen yang digunakan, dan bukan nama negara Tiongkok. China doll pertama kali justru diproduksi di Jerman, sekitar tahun 1840-an. Sebenarnya saya mau pasang contoh foto china doll di sini, tapi kok jadi serem sendiri LOL. Di-google aja yah 😄

Submitted for:

Posbar Tema Buku Newbery bulan November 2014

Posbar Tema Buku Newbery bulan November 2014

Advertisements