Tags

, , , , , , ,

brooklynJudul: Brooklyn

Penulis: Colm Toibin

Publisher/Edition: Scribner first trade paperback edition (2010)

Pages: 262p

Bought at: Better World Books (USD6,48, disc 20%)

Eilis Lacey tinggal di sebuah kota kecil di Irlandia, dan tahun-tahun setelah Perang Dunia II selesai, kehidupan di sana cukup sulit. Meski hampir menyelesaikan studi sekretarisnya, Eilis tidak dapat menemukan pekerjaan yang cukup baik. Kakaknya, Rose, menjadi tulang punggung keluarga semenjak ayah mereka meninggal dan ibu mereka seolah tenggelam dalam kesedihannya. Sementara itu, saudara-saudara laki-laki Eilis semuanya pergi ke Inggris untuk mencari pekerjaan.

Suatu hari, seorang pendeta menawarkan untuk menjadi sponsor Eilis supaya bisa tinggal di Amerika. Amerika saat itu menawarkan kehidupan yang lebih baik, kesempatan yang lebih banyak bagi gadis seperti Eilis. Didukung penuh oleh Rose, Eilis pun menginjakkan kaki di negara baru dan memulai kehidupannya yang juga baru.

Tinggal dan bekerja di Brooklyn, Eilis belajar banyak tentang arti kehidupan, persahabatan, hubungan keluarga, dan tentu saja, cinta. Namun sebuah kabar mengejutkan dari Irlandia memaksa Eilis untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk menjadikan Brooklyn sebagai rumahnya.

Brooklyn adalah sebuah buku yang hening, memaksa pembacanya untuk berkontemplasi tanpa perlu diburu-buru. Penuh dengan kata-kata indah, buku ini menggambarkan dengan indah perjalanan Eilis sebagai pendatang baru yang sedang mencari jati diri dan tempat untuk disebut rumah. Menyentuh kehidupan imigran di era depresi, untungnya tidak membuat buku ini menjadi terlalu gloomy, masih ada bagian-bagian yang ceria dan mengangkat mood pembacanya.

Untuk penggemar kisah cepat penuh konflik, Brooklyn mungkin akan terasa terlalu slow, bahkan membosankan. Untuk saya sendiri, ramuannya cukup pas. Colm Toibin berhasil membuat saya berpikir lama setelah menutup halaman terakhir.

 

Advertisements