Tags

, , , , , , ,

out of the easyJudul: Out of the Easy

Penulis: Ruta Sepetys

Penerbit: Philomel Books (2013)

Halaman: 346p

Beli di: Gramedia Mal Taman Anggrek (IDR 145k)

Thanks to Ziyy who has recommended this book to me πŸ™‚

Premisnya memang menarik: Josie dan ibunya, Louise, pindah ke kota New Orleans saat Josie masih kecil. Louise bekerja sebagai pelacur di rumah bordil yang dikelola oleh Willie, seorang businesswoman hebat yang jauh dari tipikal karakter mucikari pada umumnya.

Tidak tahan dengan kehidupan ibunya dan menghadapi celaan orang-orang, Josie pindah ke apartemen di atas Marlowe’s Bookshop, tempatnya bekerja paruh waktu. Charlie, pemilik toko buku, dan anak laki-lakinya, Patrick, sudah menganggap Josie sebagai keluarga mereka sendiri. Josie bertekad tidak akan hidup seperti Louise, dan mencari jalan supaya bisa kuliah di Smith, universitas bergengsi yang biasanya hanya menerima murid perempuan dari keluarga terpandang.

Di tengah kegalauannya, hidup Josie makin semrawut karena Louise dan pacarnya, Cincinnati, terlibat masalah besar yang melibatkan geng mafia kota New Orleans. Belum lagi, ada sesosok mayat yang diduga sebagai korban pembunuhan. Apakah Josie bisa keluar dari The Easy (julukan kota New Orleans) terlepas dari segala masalah yang menimpanya?

Out of The Easy adalah buku Ruta Sepetys pertama yang saya baca, meski novel sebelumnya, Between Shades of Gray sudah menjadi bestseller di mana-mana. Out of The Easy memiliki alur yang cukup kompleks dan tidak biasa untuk buku Young Adult.

Tema prostitusi, kehidupan keras dengan setting tahun 50-an, ditambah konflik sosial-ekonomi serta gender, yang dibalut dengan bumbu misteri dan sedikit thriller, membuat buku ini termasuk dalam kategori unputdownable πŸ™‚ Yang juga seru adalah setting New Orleans yang cukup detail, terutama toko buku Marlowe tempat Josie bekerja dan tinggal.

Namun bagi saya, yang cukup pemilih menyangkut buku-buku YA (terutama romance nya yang sering bikin gemas saking lebaynya), Out of The Easy masih memiliki beberapa kelemahan. Beberapa adegan ada yang terasa agak dipaksakan, terutama interaksi Josie dengan dua laki-laki yang dekat dengannya, Patrick dan Jesse. Dan dengan siapa akhirnya Josie berakhir sepertinya sudah bisa tertebak dari pertengahan cerita. Mungkin inilah sebabnya kenapa saya tidak suka dengan tema cinta segitiga (atau segi lainnya) :p Meski demikian, Out of The Easy bolehlah menjadi pilihan buku Young Adult yang sedikit berbeda.

New Orleans in the 50s, bagus yaaa πŸ™‚

 

Advertisements