Tags

, , , , , , ,

mr lemoncelloJudul: Escape from Mr.Lemoncello’s Library

Penulis: Chris Grabenstein

Penerbit: Yearling (First Edition 2014)

Halaman: 290p

Beli di: periplus.com (IDR 84k)

Kyle Keeley adalah seorang gamer sejati. Ia menggemari segala jenis game-mulai dari console game sampai board game tradisional- terutama yang dirancang oleh Luigi Lemoncello.

Suatu hari, kota kecil tempat Kyle tinggal dihebohkan oleh kehadiran perpustakaan publik baru. Dua belas anak berusia 12 tahun terpilih untuk menghabiskan satu malam di sana, sebelum perpustakaan dibuka untuk umum. Dan kejutan terbaiknya: ternyata yang mendesain perpustakaan tersebut adalah Mr. Lemoncello!

Kyle dan teman-temannya telah siap menghabiskan malam yang seru, tetapi mereka tetap saja terkejut saat menyadari Mr. Lemoncello sudah menyiapkan game luar biasa rumit untuk mereka. Anak-anak ditantang untuk dikurung dalam perpustakaan, dan menemukan jalan keluar tersembunyi dengan cara memecahkan berbagai teka teki, menemukan petunjuk, dan beradu otak serta ketangkasan. This is Mr.Lemoncello’s best game ever!

Buku ini merupakan perwujudan mimpi para bookworm: setting perpustakaan canggih (dilengkapi dengan robot pustakawati, hologram tokoh-tokoh dari buku terkenal, tangga mekanik yang bisa membawa kita “terbang” menuju rak tertinggi, teater 4D, ruang permainan, dan banyak lagi), teka-teki yang kebanyakan berhubungan dengan buku, dan tentunya, quotes dan referensi dari berbagai buku. Sangat mudah untuk relate dengan tema buku ini, apalagi settingnya digambarkan dengan cukup detail, membuat kita mudah untuk membayangkannya.

Karakter-karakternya sendiri sebenarnya agak klise: anak yang culas, kutubuku yang pendiam, tipe cheerleader yang agak bodoh, dan tentunya, jutawan eksentrik (yang sedikit mirip dengan sosok Willy Wonka).

Buku ini mengingatkan saya dengan The Westing Game, teka-teki cerdas yang diramu dengan kisah persahabatan, meski unsur emosional Mr.Lemoncello tidak sekuat Westing Game. Namun saya berharap banyak dengan buku yang ternyata akan dijadikan serial ini. Yang lebih menyenangkan, bukunya sendiri mengandung bonus puzzle tersembunyi yang menjadi unsur tambahan yang seru. Highly recommended for any bookworm!

Quotes yang berhubungan dengan buku:

“Of course.” Mr. Lemoncello pointed to a smudge on Charles’s shirt. “If you like, I will also have Al Capone do your shirts.”

“The Dewey decimal doors are now open and, unlike Tuck,this game will not be everlasting. Therefore, it is time to race upstairs like the rats of NIMH!”

“The other team’s penalty gives you a wrinkle in time.”

“Keep working the puzzle but try to avoid Mrs. Basil E. Frankweiler’s files. They’re all mixed up”

And a bunch of other quotes that are worth to be searched along the book! Happy hunting 🙂

Advertisements