Tags

, , , , , , , , ,

walls within wallsJudul: Walls Within Walls

Penulis: Maureen Sherry

Penerbit: Katherine Tegen Books (first paperback edition 2012)

Halaman: 349p

Beli di: Open Trolley (IDR 95k)

The Characters

Tiga orang kakak beradik yang hidupnya biasa-biasa saja di Brooklyn, tiba-tiba harus merasakan perubahan drastis ketika keluarga mereka pindah ke apartemen mewah di tengah Manhattan. CJ, anak laki-laki tertua, bersama adik perempuannya Brid dan adik laki-laki mereka Patrick yang baru berusia 6 tahun, berusaha menyesuaikan diri dengan hidup mereka yang baru, sementara Ayah mereka sibuk dengan bisnis video game nya yang sukses besar (alasan utama mereka pindah rumah) dan Ibu mereka fokus membenahi apartemen mewah yang mereka tempati.

The Mystery

Di tengah kesulitan mereka beradaptasi dengan lingkungan baru, ketiga bersaudara ini malah menemukan misteri aneh di apartemen mewah namun tua yang mereka tempati. Dimulai dari ditemukannya dinding rahasia yang memiliki simbol-simbol aneh, yang mengarahkan mereka pada pemilik apartemen sebelumnya, seorang jutawan nyentrik yang memiliki harta tersembunyi. Apakah simbol-simbol yang mereka temukan bisa mengantarkan mereka pada tempat persembunyian harta peninggalan sang jutawan? Jawabannya terletak pada teka-teki, puisi, dan sejumlah tempat historis di New York yang harus mereka telusuri. Petualangan mereka bertambah seru dengan hadirnya Eloise, wanita tua yang juga tetangga mereka yang misterius, serta seorang laki-laki tua yang sepertinya terlalu tertarik pada penyelidikan mereka.

The Setting

Saya memberikan tambahan 1 bintang khusus untuk setting buku ini yang menggambarkan kota New York dengan begitu menarik. Petualangan mencari harta karun, mengikuti petunjuk demi petunjuk sambil berkeliling kota paling terkenal di dunia ini, memang menjadi premis menarik, yang cukup bisa dieksekusi dengan baik oleh sang penulis. Rasanya saya seperti berada bersama-sama Brid, CJ dan Patrick, dari mulai mengunjungi NY Public Library sampai terjebak di kereta bawah tanah yang terbengkalai.

Verdict

Saya membaca buku ini tidak lama setelah Liar & Spy, dan jadi agak membandingkan kedua buku bertema mirip ini (pindah ke apartemen, setting di New York, tetangga misterius, etc). Menurut saya, Walls Within Walls memiliki kekuatan di setting cerita yang menarik, dipadukan dengan teka-teki yang lumayan cerdas, meski twistnya tidak terlalu mengejutkan. Namun yang kurang dari buku ini adalah karakternya yang flat, tidak berwarna, sehingga kurang believable. Ketidakhadiran orang tua anak-anak yang terasa agak kurang masuk akal juga membuat cerita ini sedikit bisa dipertanyakan. Masih ada beberapa lubang di misterinya, meski tidak terlalu fatal juga. Overall, buku yang menghibur, terutama bagi penyuka kisah middle grade.