Tags

, , , , , , , , ,

holiday houseJudul: The Riddle of Holiday House

Penulis: Enid Blyton

Penerbit: Bounty Books (2013)

Halaman: 175p

Beli di: Kinokuniya Nge Ann City (SGD 6,31)

Setelah sakit berkepanjangan, Katie dan Nick diizinkan ibu mereka untuk berlibur di tepi pantai- jauh dari rumah, dan hanya berdua saja! (Well, sebenarnya bertiga sih, dengan Punch anjing mereka yang bandel). Mereka tinggal di sebuah rumah peristirahatan yang menyenangkan bernama Holiday House. Dikelola oleh Mrs Holly yang baik hati, rumah tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak yang berlibur tanpa orang tua.

Namun ternyata ada petualangan yang menunggu mereka di sana. Sinar yang muncul tiba-tiba di sebuah rumah tua di seberang tebing, jalan rahasia di balik gua-gua tepi pantai, Gloomy Gareth, salah satu anak laki-laki penghuni rumah yang misterius, dan barang-barang berharga yang mulai hilang satu per satu. Ada apa di balik semua kejadian tersebut? Sambil menghindari Clare, anak Mrs Holly yang menyebalkan, Nick dan Katie berusaha memecahkan misteri yang mereka hadapi di Holiday House.

Holiday House adalah buku pertama dari serial Riddle (The Riddle Series), dengan tokoh utama kakak beradik Katie dan Nick. Kisahnya sederhana, bertipe sama dengan Lima Sekawan namun dengan tingkat ketegangan yang lebih rendah, sepertinya ditujukan untuk anak-anak yang lebih muda.

Setting jalan rahasia, rumah tua dan pantai sebagai tempat liburan juga terasa sangat familiar. Saya sendiri tidak tahu tentang serial ini sebelumnya, meski ternyata ada beberapa buku serial ini yang sudah pernah diterjemahkan oleh Gramedia bertahun-tahun yang lalu. Mungkin karena kisahnya tidak sespektakuler Lima Sekawan atau Pasukan Mau Tahu, makanya agak tenggelam dari radar buku-buku Enid Blyton.

Karakter Nick dan Katie sendiri tidak terlalu menonjol, kakak beradik yang menyenangkan, suka petualangan, akur-akur saja satu sama lain. Jadi tidak ada drama ala-ala George dan sepupu-sepupunya, atau Fatty yang iseng di Pasukan Mau Tahu.

Daftar lengkap serial Riddle:
1. The Riddle of Holiday House
2. The Riddle That Never Was
3. The Riddle of The Rajah’s Ruby
4. The Riddle of the Hollow Tree
5. The Riddle of the Hidden Treasure
6. The Riddle of the Boy Next Door

Satu hal yang menggoda adalah cover versi baru serial ini dari Bounty Books yang super keren, sehingga rasanya tidak rugi untuk mengoleksi serial ini meski kisah-kisahnya termasuk standar untuk ukuran Blyton🙂

Trivia

Awalnya, kisah-kisah petualangan Nick dan Katie berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian dari sebuah serial. Namun di tahun 1997, buku-buku ini disatukan menjadi The Riddle Series dan diterbitkan oleh Collins. Tahun 2004, serial ini kembali diterbitkan ulang dengan sebutan The Young Adventurers.