Tags

,

sceneonthree

Ahh…akhirnya setelah berminggu-minggu absen dari Scene on Three, sekarang bisa posting lagi🙂

Kali ini diambil dari buku Picture Me Gone (Meg Rosoff), yang reviewnya sampai sekarang belum sempet diposting😀

This picture fills me with a deep sense of longing. Saudade, Gil would say. Portuguese. The longing for something loved and lost, something gone or unattainable. I cannot explain the feeling of sadness I have looking at this picture. Mila the dog has been dead for eighty years. (page 4)

Singkat, tapi mengena banget deh. Pernah nggak ngerasain perasaan kayak gitu? Semacam longing yang amat parah dengan sesuatu, bisa seseorang atau tempat tertentu. Kadang memori yang sudah amat sangat lama terpendam, tapi mendadak naik ke permukaan. Atau sekelebat foto yang mengingatkan kita dengan tempat yang pernah kita tinggali, atau seseorang yang pernah dekat, meski hanya sebentar namun amat berkesan.

Perasaan longing ini, selain muncul terhadap kenangan masa lalu, juga bisa terasa untuk sesuatu yang amat sangat kita ingini namun belum kesampaian. Pergi ke suatu tempat tertentu misalnya, atau mencicipi keadaan tertentu. Lucunya, perasaan ini memang tidak ada definisi khusus dalam bahasa Indonesia. Dan Saudade terdengar sangat cocok ya🙂

Saudade buat saya misalnya adalah keinginan kuat untuk merasakan suasana perayaan Natal ala film-film keluarga Amerika. Dengan salju, mistletoe, kado natal, suasana meriah yang tidak mungkin saya rasakan di Indonesia. Tapi, saya pernah sekali merayakan Natal di Belanda, dan sekali lagi di New York, dan ternyata, perasaan meriah itu tidak sama. Tetap saja saya merasa kesepian, seperti tersesat di tempat jauh dan malah jadi kangen rumah. Jadi, perayaan Natal itu tetap menimbulkan “Saudade” buat saya🙂

Mau ikutan Scene on Three?

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).