Tags

, , , , , , , , ,

mixed up1

Judul: From The Mixed-up Files of Mrs. Basil E. Frankweiler

Penulis: E.L. Konigsburg

Penerbit: Bantam Doubleday Dell Publishing Group, Inc (1973)

Halaman: 159p

Beli dari: Bzee (IDR 20k, bargain)

 

 

5 Reasons Why “The Mixed-up Files” is a delightful classic:

1. Perfect setting
Buku ini bersetting di New York (my fave city!), tepatnya di Metropolitan Museum of Art, tempat Claudia Kinkaid dan adiknya, Jamie, tinggal sementara saat mereka kabur dari rumah. Detail museum dari mulai siang hari saat dipenuhi anak sekolah, sampai malam hari ketika Claudia dan Jamie menjadi penguasa, terasa pas dengan keseluruhan cerita. Siapapun yang membaca buku ini pasti memiliki keinginan tiba-tiba untuk berkunjung ke Mets, alias Metropolitan Museum of Art, untuk menelusuri jejak Claudia dan Jamie.

2. Juicy Mystery
Sebuah patung malaikat bernama “Angel” menarik perhatian Claudia dan Jamie, karena disebut-sebut sebagai hasil karya Michelangelo yang belum diverifikasi. Apakah benar patung itu merupakan karya sang maestro? Claudia dan Jamie menelusuri misteri ini selagi tinggal di museum, yang membawa mereka ke sosok Mrs. Basil E. Frankweiler, pemilik patung sebelumnya.

3. Siblings Moments
Hubungan Claudia dan Jamie adalah salah satu hubungan kakak-beradik yang paling menyenangkan dari banyak buku anak yang sudah saya baca. Claudia yang penuh perencanaan- namun sedikit egois dan drama queen, berpadu dengan Jamie yang penuh kekacauan, tapi sangat jago mengurus keuangan. Sifat-sifat yang bertolak belakang itu malah membuat mereka bersatu menjadi tim yang kuat, dan ada beberapa momen yang cukup mengharukan (serta banyak momen konyol!) di dalam buku ini.

4. Adventures!
Siapa yang tidak mau mencoba petualangan tinggal di museum? Mandi malam di kolam air mancur, kejar-kejaran dengan satpam museum, sembunyi di kolong ranjang dari jaman Renaissance Italia… Every kid would relate to these adrenaline seekers!

5. Newbery
Buku ini memenangkan penghargaan Newbery tahun 1968. Di tahun yang sama, penulisnya, EL Konigsburg, juga mendapatkan Newbery Honor lewat bukunya Jennifer, Hecate, Macbeth, William McKinley, and Me, Elizabeth.How cool is that? Karya-karya Konigsburg masih tetap dibaca oleh anak-anak dari berbagai negara, dan menjadi klasik yang tak lekang oleh waktu.

Fun Facts:

Kalau mendapat kesempatan berkunjung ke Metropolitan Museum of Art di New York, jangan lupa ikuti tur perjalanan anak-anak Kinkaid yang dirancang oleh museum tersebut. Detailnya bisa dilihat di sini.

Buku ini sudah pernah diangkat ke TV movie tahun 1995, dengan Lauren Bacall sebagai Mrs. Basil E. Frankweiler.

From The Mixed-Up Files memiliki beberapa versi cover (termasuk terbitan Gramedia) yang semuanya keren:

mixed up2mixed up3mixed up4Submitted for:

aname-1