Tags

, , , , , , , ,

man in brown suit1Judul: The Man In The Brown Suit (Pria Bersetelan Cokelat)

Penulis: Agatha Christie

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2012)

Halaman: 408p

Penerjemah: Ny Suwarni A.S.

Beli di: Gramedia Shocking Sale (IDR 15k, bargain price!)

The Man In The Brown Suit adalah salah satu buku Agatha Christie yang paling kental dengan nuansa romans era Victoria. Aura petualangan, karakter utama perempuan yang berani, dan misteri yang melibatkan konspirasi organisasi tersembunyi dengan setting Afrika Selatan yang eksotis, melengkapi buku ini.

Semuanya berawal ketika Anne Beddingfeld menjadi saksi tewasnya seorang pria karena terjatuh di stasiun kereta bawah tanah. Kehadiran sosok pria bersetelan cokelat di lokasi kejadian membuatnya curiga, apalagi kemudian pria itu juga ternyata disebut-sebut pernah berada di tempat kejadian suatu pembunuhan lain.

Insting Anne tergelitik dan ia bertekad ingin menyelidiki kasus ini, meski tak punya uang maupun pengalaman apapun. Penelusuran membawanya ke Afrika Selatan, dan sepanjang perjalanan ia bertemu dengan orang-orang yang menarik sekaligus mencurigakan: pendeta yang menyimpan rahasia, seorang bangsawan yang suka marah-marah, kolonel misterius yang tampan, dan juga sekretaris laki-laki yang penuh tindak tanduk aneh.

Apakah ada dari mereka yang mengetahui lebih dari yang mereka perlihatkan? Dan apa hubungan antara kasus lama perampokan berlian dengan terbunuhnya beberapa orang?

Sejujurnya, ini bukanlah buku Christie favorit saya. Terlalu banyak intrik dan romans ala zaman Victoria yang bertele-tele. Anne Beddingfeld sebenarnya merupakan tokoh sekaligus narator yang cukup menyenangkan, sayang porsinya mencari jodoh di buku ini melebihi porsi misteri itu sendiri. Setting Afrika Selatan juga sebenarnya lumayan menarik, tapi saya mendapat kesan bahwa setting ini dipilih lebih untuk mengakomodir kisah romantis buku ini dibandingkan kisah misterinya.

Satu-satunya yang cukup menarik dari buku ini adalah perkenalan pertama pembaca dengan Kolonel Race, salah satu tokoh lepas yang nantinya akan muncul dalam beberapa buku Agatha Christie.

Saya merekomendasikan buku ini untuk penggemar romance yang mencari kisah berbalut petualangan dengan setting yang eksotis. Tapi untuk penggemar misteri garis keras, sepertinya lebih baik menunda baca buku ini dan menggantinya dengan buku-buku Agatha Christie lain yang lebih menantang.

Beberapa versi cover import buku ini:

man in brown suit2man in brown suit3man in brown suit4