Tags

, , , , , ,

cornelia1Judul: Cornelia and the Audacious Escapades of the Somerset Sisters

Penulis: Lesley M.M. Blume

Penerbit/edisi: Alfred A. Knopf Hardcover (2006)

Halaman: 264p

Beli di: Better World Books (USD 7.48)

Cornelia tinggal di sebuah apartemen mewah di New York City, namun hidupnya selalu sepi. Ibunya adalah single mother yang juga pianis terkenal, selalu sibuk konser keliling dunia. Cornelia hanya ditemani oleh pengurus rumah tangga berkebangsaan Perancis, Madame Desjardins. Ia tidak punya teman dekat karena semua anak sekolah yang mengundangnya ke rumah mereka rata-rata hanya ingin tahu tentang ibunya.

Akhirnya Cornelia tumbuh menjadi anak yang penyendiri, lebih suka berteman dengan buku-buku koleksinya yang penuh kata-kata sulit, dibandingkan bermain dengan teman-teman sepantarannya.

Suatu hari, hidup Cornelia berubah karena ada tetangga baru di sebelah apartemennya. Perempuan tua bernama Virginia Somerset ini tinggal bersama pelayannya yang orang India, Patel, serta anjing bulldog Perancisnya, Mister Kinyatta. Persahabatan Cornelia dengan keluarga yang unik ini berkembang perlahan, dan dari Virginia ia mendengar cerita-cerita petualangan paling hebat.

Semasa muda, Virginia dan saudara-saudara perempuannya telah bertualang ke banyak tempat, mulai dari Maroko, Perancis, Inggris hingga India. Virginia yang adalah seorang penulis, dapat bercerita dengan detail seolah-olah Cornelia mengalami sendiri berbagai petualangan seru tersebut. Virginia juga dapat membuat Cornelia mengenal dirinya sendiri, sebagai Cornelia dan bukan sebagai anak seorang pianis terkenal.

Saya membeli buku ini karena tertarik dengan judulnya yang unik dan panjang, dan sebenarnya mengincar covernya yang keren. Tapi karena membeli di Better World Books, malah dapat versi cover yang lain 🙂 Untungnya, isi buku ini ternyata tidak mengecewakan. Meski bersetting di New York City di masa modern, tapi karena banyaknya kisah petualangan Virginia di masa lalu membuat buku ini memiliki nuansa kuno yang menyenangkan. Perjalanan Virginia keliling dunia digambarkan dengan detail dan hidup, penuh kejutan seru dan kocak. Sementara itu hubungan antara Cornelia dengan Virginia, dan juga dengan ibunya sang pianis terkenal, dilukiskan dengan indah dan menyentuh.

Ini cover incerannya XD

Ini cover incerannya 😄

Banyak isu cukup berat yang coba diangkat oleh Blume dalam buku ini, seperti kesetaraan gender, orang tua tunggal, bahkan kehilangan dan kematian, namun penyampaiannya yang ringan tidak membuat buku ini menjadi pretensius. Malahan sangat berkesan hingga akhir cerita.

An underrated book that becomes a nice surprise for me. Truly recommended!

aname-1

Advertisements