Tags

, , , , , , , , ,

haunting hiramJudul: The Haunting of Hiram (Menghantui Hiram)

Penulis: Eva Ibbotson

Penerjemah: Indah S Pratidina

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2005)

Halaman: 224p

Got from: bookswap @IRF 2013

Alex Macbuff bukan anak laki-laki biasa. Di usianya yang baru 12 tahun, Alex sudah menjadi pewaris dan penguasa Kastil Carra di Skotlandia, semenjak kedua orang tuanya meninggal dunia. Alex berusaha merawat peninggalan keluarga turun temurun itu sebaik mungkin, termasuk memelihara hantu-hantu yang tinggal di sana.

Namun situasi keuangan tak memungkinkannya untuk terus memiliki kastil tersebut, dan keputusan berat pun harus diambil: menjual Kastil Carra. Untungnya ada seorang jutawan dari Amerika, Hiram Hopgood yang tertarik membeli Kastil Carra untuk anak perempuannya yang sakit-sakitan, Hellen. Namun ia memberi syarat: tidak boleh ada hantu yang tinggal di Kastil Carra.

Maka Alex dengan berat hati terpaksa mengusir hantu-hantunya dari kastil. Ada Krok si pejuang Viking, Miss Spinks yang memiliki Kegilaan Air, Flossie si poltergeist cilik, Stanislaus mantan vampir dari Transylvania, serta Cyril anjing neraka. Ke mana hantu-hantu ini harus pergi?

Belum banyak buku Eva Ibbotson yang kubaca, namanya masih kalah tenar buatku dibanding Roald Dahl atau Neil Gaiman yang juga bermain-main di genre fantasi. Namun kisah The Haunting of Hiram ini cukup menyenangkan. Jalan ceritanya straightforward, sederhana dengan bumbu humor dan ketegangan yang cukup bagi anak-anak.

Tokoh-tokohnya cukup menyenangkan, dan bahkan hantu-hantunya memiliki karakter yang mudah disukai. Penjahat yang dihadirkan untuk mengincar anak Hiram juga cukup meyakinkan, tidak terlalu bodoh seperti biasanya buku anak-anak. Dan setting Skotlandia yang eksotis berpadu dengan Texas yang modern, turut memeriahkan buku ini.

Eva Ibbotson mengetahui takaran yang pas untuk buku-buku anak, dan rasanya aku tertarik untuk mencicipi karyanya yang lain.

Submitted for:

aname-1