Tags

, , , , , , , ,

my uncle oswaldJudul: My Uncle Oswald

Penulis: Roald Dahl

Penerbit: Penguin Books (1980)

Halaman: 205p

Beli di: Bras Basah (SGD 4,90, bargain price!)

Siapapun tahu Roald Dahl adalah pencerita yang hebat, penulis buku-buku anak yang sangat imajinatif. Beberapa bukunya bahkan dianggap terlalu absurd untuk pembaca anak-anak. Lalu bagaimana bila ia menulis buku dengan target pembaca dewasa? Sama absurdnya kah?

My Uncle Oswald adalah novel dewasa Dahl yang pertama kubaca. Sebelumnya aku pernah membaca beberapa cerpen dewasa Dahl dan sangat tergelitik dengan kisah-kisahnya yang ajaib. Thanks to Essy yang mau dititipi buku ini saat ia main-main ke Bras Basah di Singapore, akhirnya buku yang lumayan susah dicari ini berhasil kubaca juga.

Uncle Oswald adalah sosok yang fenomenal, playboy dan jutawan kelas kakap yang sudah berhasil meniduri ratusan perempuan dari berbagai bangsa sepanjang hidupnya. Buku ini merupakan penggalan catatan hariannya yang berkisah tentang bagaimana ia berhasil menjadi orang kaya. Dan bukan Roald Dahl namanya kalau tidak berhasil menyuguhkan cerita yang absurd dan luar biasa.

Semuanya berawal di tahun 1912, saat umur Oswald baru 17 tahun dan ia diberi tahu tentang kumbang spesial dari negara Sudan di Afrika, Sudanese Blister Beetle yang bisa berfungsi sebagai viagra berkualitas tinggi. Oswald langsung mencium bau uang, naluri berbisnisnya sudah kuat bahkan sejak ia masih muda.

Dengan bantuan dua orang partnernya, Profesor AR Woreseley dan Yasmin Howcomely si gadis cantik yang selalu haus seks, Oswald merancang sebuah rencana gila yang akan membuat mereka kaya raya. Rencana ini melibatkan para pria jenius dan terkenal, pembekuan sperma, dan permen yang sudah dibubuhi serbuk kumbang Sudan. Namun Oswald tidak menyangka rencana itu akan menimbulkan akibat-akibat lain juga dalam hidupnya!

Tak perlu dikatakan, Dahl memang sangat jago meramu kisah-kisah absurd. Dan bila dalam buku anak-anak ia seringkali dianggap terlalu memiliki selera kelam, di buku dewasa kreativitasnya justru menemukan wadah yang pas.

Penuh aura seksual, humor gelap, dan berbagai adegan absurd yang membuat geleng-geleng kepala, Dahl berhasil menyajikan kisah komikal yang segar, penuh intrik dan kejutan, serta tentu twist yang tak terduga oleh siapapun. Kalau tidak siap menghadapi sisi lain Roald Dahl, lebih baik jauh-jauh saja dari buku ini!

Trivia

– Uncle Oswald pernah muncul dalam dua cerita pendek di buku kumpulan cerpen “Switch Bitch”

– My Uncle Oswald adalah salah satu (dari dua buah) novel dewasa yang pernah ditulis oleh Roald Dahl. Kisah-kisahnya yang ditujukan untuk pembaca dewasa kebanyakan tergabung dalam kumpulan cerita pendek. Tak kurang dari 19 kumcer pernah diterbitkan oleh Dahl.

Submitted for:

aname-1