Tags

, , , , , , , ,

animal farmJudul: Animal Farm

Penulis: George Orwell

Penerbit: Penguin Books (1980)

Halaman: 119p

Beli di: Pesta Buku Jakarta 2012 (IDR 15k, bargain price!)

Animal Farm bercerita tentang sekelompok binatang yang hidup di Manor Farm, pertanian milik Mr.Jones yang kejam dan tidak menyenangkan. Suatu malam, Major, babi hutan yang sudah tua dan sangat bijaksana, mengumpulkan para binatang untuk bercerita tentang mimpinya. Dalam mimpinya, Major mendapat penglihatan mengenai sebuah revolusi besar yang dilakukan para hewan terhadap manusia, dan sebuah dunia utopia di mana hewan akan berkuasa atas dirinya sendiri, dan bukan dikuasai oleh manusia.

Tak lama kemudian, Major mati dan visinya tersebut segera diwujudkan, dipimpin oleh dua ekor babi paling cerdas di pertanian tersebut, Snowball dan Napoleon. Mereka mengajak para hewan untuk mengusir manusia dari Manor Farm dan mengubah nama pertanian itu menjadi Animal Farm. Dan setelah revolusi besar tersebut, para hewan mulai memimpin dirinya sendiri, membentuk sistem pemerintahan yang -katanya- berbasis kepentingan para hewan.

Namun perbedaan visi antara Snowball dan Napoleon menimbulkan masalah baru, dan menyebabkan perpecahan di antara mereka. Dan tak lama kemudian, golongan Napoleon membentuk kekuatan baru yang tak kalah tiran dibandingkan Mr. Jones. Bahkan visi yang mulia pun bisa berubah menjadi neraka, bila para tokohnya sudah dipenuhi keserakahan menjadi penguasa.

Animal Farm adalah jenis buku yang aku harap bisa kubaca di saat masih sekolah dulu. Tidak seperti kebanyakan fabel yang diperuntukkan bagi anak-anak, Animal Farm memiliki tema yang cukup berat, sarat akan muatan politik, moral dan bahkan kekerasan.

Banyak teori yang menyatakan bahwa George Orwell menulis buku ini sebagai bentuk kritiknya atas Revolusi Rusia dan bangkitnya kekuasaan Stalin. Ia menggambarkan Manor Farm sebagai Rusia saat dikuasai oleh kaum aristokrat dan kerajaan. Sementara Napoleon dan Snowball mewakili sosok Stalin dan Trotsky, yang meski sama-sama menginginkan Rusia bebas dari cengkeraman pemerintahan kerajaan, namun memiliki visi dan cara yang berbeda bagi negara tersebut.

Untuk seseorang yang tidak terlalu paham kisah sejarah Rusia, aku banyak mendapat pencerahan dari Sparknotes. Memang sifat-sifat manusia tergambar cukup jelas lewat tokoh binatang-binatang yang ada di Animal Farm: misalnya Benjamin, keledai tua yang sangat skeptis dan menganggap perubahan macam apapun tetap akan berdampak buruk pada rakyat, atau Boxer, kuda yang sangat setia pada Napoleon dan menganggap perintah sang penguasa adalah harga mati.

Buku yang kubaca ternyata bekas punya anak sekolahan, banyak catatannya :)

Buku yang kubaca ternyata bekas punya anak sekolahan, banyak catatannya🙂

Namun untuk mengaitkan alur cerita, ideologi dan karakter dalam buku ini dengan sejarah Rusia, banyak yang harus dipahami lebih dalam lagi. Untukku pribadi, Animal Farm bisa mewakili apa saja, tidak hanya Rusia. Ide dasarnya sangat klasik- bahwa orang-orang yang mencetuskan perubahan, pada akhirnya seringkali menjadi tokoh-tokoh yang setelah berhasil mencapai puncak, justru mengembalikan keadaan menjadi sama buruknya (atau bahkan lebih buruk) daripada kondisi di masa lalu.

Indonesians, are you familiar with that?🙂

Submitted for:

Tema Fabel bulan Januari 2014

Tema Fabel bulan Januari 2014

Category "First Letter Rules"

Category “First Letter Rules”