Tags

, ,

liebster

Posting kali ini menjawab lemparan dan Alvina dan Indah. Semacam posting berantai dengan pertanyaan-pertanyaan seputar buku. Kebetulan aku kena lemparan dari kedua member BBI tadi.

Bagian pertama, pertanyaan dari Alvina dulu ya:

1. Buku apa yang paling terakhir kamu baca?

Sekarang lagi baca The Beekeeper’s Apprentice-nya Laurie R King.

2. Kamu termasuk orang yang menonton film baru membaca buku, atau sebaliknya?

Lebih suka baca buku dulu, baru nonton filmnya. Soalnya kalau nonton duluan, biasanya mood baca udah ilang, apalagi endingnya udah ketauan dulu.

3. Pernah ngga berpergian atau liburan tanpa membawa buku? Ke mana?

Pernah, waktu tugas kantor ke Kupang, gara-gara buru-buru banget perginya, nggak sempat bawa buku. Akhirnya beli buku di bandara, dengan harga dua kali lipat buku biasa. Daripada mati gaya😄

4. Lebih memilih membawa ponsel atau buku cetak kalau beranjak ke kasur?

Buku cetak donk🙂 Setiap waktu yang bisa dimanfaatkan buat baca, harus digunakan sebaik-baiknya. Termasuk sebelum tidur.

5. Ingin punya hosting blog pribadi nggak, yang berbayar alih alih gratisan?

Pingin bangeeeet, dan ada kisah sedih tentang ini. Jadi dulu aku udah pengen banget beli hosting supaya blogku jadi perpuskecil.com. Trusss, pas udah mantep mau beli, ternyata domain itu udah keburu dibeli orang. Mau nangis rasanyaaa…sekarang belum kepikiran lagi mau ganti nama atau gimana.

6. Suka membaca buku sambil makan atau minum? Biasanya nyemil apa?

Sukaaa.. aku suka baca sambil ngemil, biasanya chips atau cookies, sambil ngeteh. Tapi aku juga sering baca di meja makan sambil makan nasi. I know, bad habit dies hard.

7. Buku apa yang termahal yang pernah kamu beli?

Uhmmm apa ya? Jarang beli yang mahal-mahal banget. Paling mahal beli hadiah buat nyokap, buku arsitektur harganya IDR 600k lah. Hehe.

8. Dalam setahun terakhir ini buku apa yang paling berkesan yang kamu baca?

Night Film, Marisha Pessl. Masuk juga di daftar Best Books of 2013 versiku.

9. Mengapa kamu membuat blog buku?

Soalnya aku suka baca, dan aku suka ngeblog. Terinspirasi dari beberapa blogger buku seperti Ferina dan Reygreena, akhirnya aku bikin blog khusus tentang buku.

10. Kamu punya blog pribadi selain blog buku, kah? isinya ttg apa?

Punya, blog ini tentang pemikiran-pemikiran random aku. Udah ada sejak 2003, namanya astridfelicia.blogspot.com. Mampir ya😄

Next, giliran pertanyaan dari Indah:

1. siapa pengarang fave kalian? dan mengapa kalian menyukai karyanya dan apa yang membedakan dia dengan pengarang lainnya?

Aku suka Enid Blyton, JK Rowling, Marisha Pessl dan Agatha Christie. Masing-masing mempunyai gaya khas sendiri-sendiri, tapi yang pasti mereka bisa menciptakan cerita dengan karakter kuat, plot yang nggak basi, dan twist yang keren. Dan karyanya nggak membosankan dibaca berulang-ulang.

2. buku apa yang paling berkesan? dan apa yang membuatnya berkesan?

Tuesdays with Morrie (Mitch Albom) sangat berkesan buatku, karena mungkin aku membacanya di saat sedang butuh pencerahan yang kudapatkan dari Morrie. This book saved me on my bleakest days.

3. kalau kalian bisa ‘menyicipi’ sekilas kehidupan dari tokoh yang pernah kalian baca di buku, karakter mana yang akan kalian pilih, dan mengapa dia?

Pengen jadi tokoh di buku Harry Potter – siapapun deh, antara Harry/Ron/Hermione. Soalnya pengen banget ngerasain hidup di dunia sihir, sekolah di Hogwarts, jalan-jalan di Diagon Alley. Huhuhu!

4. buku mana yang sekelar membacanya membuat kalian merasa telah membuang waktu dengan percuma? apa yang membuat kalian merasa demikian?

Twilight. Aku nggak suka sama alurnya yang lambat, tokohnya yang minta ditendang semua, dan segala hal yang merendahkan kaum perempuan di buku itu. Aku baca sampai buku ke 2 and that’s it deh. Nggak bakal lanjut lagi.

5. kutip donks bagian paling berkesan dari buku yang pernah kalian baca, dan mengapa kalian memilih kalimat itu?

Wah…ini banyak ya. Mungkin aku ambil dari salah satu memorable quotes 2013 aja ya:

“It is the unknown we fear when we look upon death and darkness, nothing more.” (Dumbledore di Harry Potter and The Half-Blood Prince). Dumbledore tahu apa yang menjadi ketakutan terbesar manusia dan aku berharap aku memiliki sedikit saja dari keberaniannya.

6. hal2 apa yang menjadi pertimbangan dalam membeli buku? dan seberapa penting rekomendasi dari orang yang telah membaca buku tersebut?

Nama pengarang, sinopsis, dan rating di Goodreads/situs buku lainnya, sangat berpengaruh dalam menentukan buku apa yang akan kubeli. Dan jangan lupa,cover juga lho! Di era socmed seperti sekarang, review/rekomendasi mulut ke mulut sepertinya semakin penting untuk pertimbangan orang dalam membeli buku.

7. ada buku tertentu yang saking kerennya bikin kalian berharap kalian bisa menulis seperti itu?

Semua buku Harry Potter, dan Night Film-nya Marisha Pessl🙂

8. buku mana yang endingnya paling mengecewakan?

Uhmmm…kebanyakan buku-bukunya Jodi Picoult dan Tracy Chevalier endingnya sangat mengecewakan buatku. Entah kenapa, selalu tidak sesuai dengan harapanku pokoknya. Esekusi terburu-buru, terus tokoh yang nyebelin biasanya malah beruntung. Hmph.

9. rekomendasiin donks 3 buku yang menurut kalian perlu bangets dibaca untuk sebanyak mungkin orang, dan kenapa kalian memilih ketiga buku itu?

 Tuesdays with Morrie (Mitch Albom), A Thousand Splendid Suns (Khaled Hosseini), dan Harry Potter series (ada 7 sih ini hahahaha). Semua buku itu merupakan alasan kenapa membaca itu begitu menyenangkan.

10. if you could meet your fave author, dead or alive, siapa orangnya, dan pertanyaan apa yang paling ingin kalian ajukan ke dia?

Agatha Christie. Mau tanya inspirasi Poirot itu siapa. Hahahaha…

Bagian terakhir adalah 10 random facts about me:

1. Aku anak tengah, dari dulu selalu terjepit di antara si bungsu dan si sulung. Lebih suka jadi penengah dalam segala hal. Nggak suka kalau harus berpihak, pengennya netral aja.

2. Lulusan Teknik Industri yang merasa salah jurusan, tapi nggak enak sama orang tuanya, jadi terpaksa meluluskan diri dari jurusan itu dan menjadi Sarjana Teknik😀

3. Pernah ikut keliling-keliling naik pesawat pribadi Jusuf Kalla waktu meliput kampanyenya di tahun 2009, dari Sumatra sampai ke Papua.

4. Tinggal di Belanda selama 1 tahun dan jatuh cinta sama Olliebollen, makanan khas musim dingin di sana.

5. Nggak pernah nyampul buku. Karena memang nggak bisa rapi😄 Akhirnya semua bukunya nggak disampul, dan kalau ada yang disampul, biasanya itu disampulin sama orang lain.

6. Benci banget punya rambut ikal. Dari kecil selalu terobsesi sama rambut lurus, mencoba segala treatment dan membeli perlengkapan pelurus rambut. Mulai berdamai dengan rambut ikal sejak menginjak usia akhir 20-an😀

7. Tugas kantor ke Papua Nugini, masuk keluar hutan dan offroad gila-gilaan, tanpa tahu kalau sedang hamil. Baru sadar sudah hamil 5 minggu setelah pulang ke Indonesia. Untung nggak kenapa-kenapa ;p

8. Paling nggak suka sama buku-buku horor, romance yang terlalu menye-menye, dan buku motivasi yang isinya basi. Benci juga sama penebar spoiler, dan pernah trauma waktu baca review film Sixth Sense di sebuah majalah dan dikasih tahu kalau Bruce Willisnya ternyata hantu! (uppppsssss maaf jadi spoiler!)😄

9. Nggak bisa masak. Beneran, mendingan disuruh nyapu ngepel atau cuci baju segambreng dibanding masak. Nggak pernah bisa mengira-ngira takaran bahan yang tepat dan butuh resep sangat detail kalau mau mencoba suatu masakan.

10. Suka koleksi magnet kulkas, bookmark dan postcard. Dan pastinya, koleksi buku dengan cover kece😀

Fiuh. Akhirnya beres juga. Berhubung sudah terlalu banyak orang yang ditag, aku nggak ngetag siapa-siapa ya🙂 Next time deh kalau ada lagi.