Tags

, , , , , , ,

hetty featherJudul: Hetty Feather

Penulis: Jacqueline Wilson

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2012)

Penerjemah: Deci Natalia

Halaman: 464p

Beli di: Pesta Novel Gramedia Palmerah (IDR 55k disc 20%)

Segalanya tentang buku ini memang eye catching. Dari mulai covernya yang meriah, judulnya yang unik, sampai sinopsis di bagian belakang sampul buku yang menggelitik.

Hetty Feather adalah seorang anak perempuan yatim piatu yang sudah menjadi penghuni panti asuhan negara Inggris sejak masih bayi. Ia memang sempat dirawat oleh keluarga yang tinggal di pedesaan karena tubuhnya yang terlampau kecil, tapi ketika umurnya menginjak 6 tahun, Hetty dikembalikan ke panti asuhan.

Pertemuannya dengan seorang artis sirkus di masa lalu menanamkan obsesi pada diri Hetty bahwa sang artis, Madame Adeline yang jago berkuda, adalah ibu kandungnya. Hetty pun bertekad akan menemukan Madame Adeline dan bergabung dengan ibunya itu. Namun ia juga harus menjalani kehidupan keras di panti asuhan, mulai dari anak-anak senior yang benci padanya, matron yang kejam, sampai calon orang tua yang sepertinya tidak pernah tertarik padanya. Apakah nasib Hetty akan berubah baik?

Ini adalah buku Jacqueline Wilson yang pertama kali kubaca. Meski awalnya kukira bakal seperti Candy Candy atau film Annie, ternyata Hetty Feather tidak mendayu-dayu layaknya kisah anak panti asuhan. Jacq Wilson bisa menyelipkan humor segar dan kekonyolan di sana sini, membuat kita sebal setengah mati sama Hetty di banyak bagian, tapi sekaligus berharap ia menemukan kebahagiaan.

Karakternya juga tidak sekomik buku-buku anak kebanyakan. Ya, memang ada sosok menyebalkan seperti sang matron, tapi kadar menyebalkannya masih masuk akal. Setting jaman Victoria juga terasa pas dengan buku ini. Sedikit yang mengganjal bagiku adalah terjemahannya. Secara keseluruhan terjemahannya termasuk bagus dan bisa dinikmati, tapi ada beberapa pilihan kata yang kurang begitu sreg bagiku untuk buku anak-anak (misalnya saja kata “menggelinjang” yang sedikit berkonotasi tidak baik).

Hetty Feather adalah buku pertama dari trilogi yang sudah terbit juga buku kedua dan ketiganya.