Tags

, , , , ,

Membaca buku tentang buku, atau Books about Books, selalu menyenangkan buatku. Bagaimana tidak? Keasyikannya dobel. Selain baca buku, kita juga disuguhi fakta-fakta asyik tentang buku, mulai dari buku langka, buku yang dicari-cari, sampai toko buku atau perpustakaan yang mengasyikkan di seluruh dunia, yang membuat siapapun ngiler ingin berkunjung ke sana.

Namun, ada juga buku tentang buku yang memakai setting fiktif dalam ceritanya, yang tentu masih berhubungan dengan buku. Bisa berupa toko buku, perpustakaan, bahkan kota bertema buku, yang aku harap memang benar-benar eksis di bumi kita sehingga suatu saat bisa menginjakkan kaki di sana.

Apa boleh buat, tempat-tempat tadi saat ini memang belum bisa dikunjungi. Tapi berandai-andai tak ada salahnya. Dan inilah, 5 tempat fiktif yang berhubungan erat dengan dunia buku, yang aku harap bernar-benar ada di dunia kita!

5. Aunt Elinor’s Library, Inkspell Trilogy (Cornelia Funke)

Perpustakaan milik Aunt Elinor ini sepertinya impian para kutu buku yang bercita-cita memiliki perpustakaan sendiri di rumahnya. Penuh dengan buku-buku langka, bahkan ada yang diletakkan di dalam tempat spesial berlapis kaca segala. Kebayang asyiknya menelusuri judul-judul keren yang ada di rak buku yang menjulang dari lantai sampai ke langit-langit!

Elinor's Library

Elinor’s Library, source

4. Antiquarian Bookshop in The Thirteenth Tale (Diane Setterfield)

Ayah Margaret Lea memiliki toko buku antik di lantai dasar apartemen mereka, dan menjadi sanctuarynya sejak ia masih kecil. Kebayang nggak sih, tinggal di gedung yang sama dengan toko buku tua yang penuh harta karun berharga? Kalau susah tidur di malam hari, tinggal turun ke bawah, comot satu buku untuk dibawa ke kamar tidur. Atau, bisa juga nongkrong di toko buku semalam suntuk kalau memang mau! What a dream comes true.

Kebayangnya toko bapaknya Lea itu seperti Shakespeare & Co di Paris :)

Kebayangnya toko bapaknya Lea itu seperti Shakespeare & Co di Paris 🙂 Source

3. Hogwarts Library, Harry Potter Series (JK Rowling)

Buku tentang cara memelihara naga! Buku tentang Qudditch! Buku yang bisa menjerit! Di mana lagi bisa menemukan buku-buku itu kalau bukan di Hogwarts Library? Hmm, mungkin tempat lainnya Flourish and Blotts sih…tapi kayaknya lebih seru Hogwarts Library ya, soalnya ada Madame Pinch yang suka patroli sih 😀 No wonder Hermione selalu lari ke sini tiap kali menghadapi masalah. Clever girl!

Buku-buku yang melayang! Ahhhh..pingin.

Buku-buku yang melayang! Ahhhh..pingin. Source

2. Cemetery of Forgotten Books, The Shadow of The Wind Trilogy (Carlos Ruiz Zafon)

Tempat ini, sesuai namanya, adalah kuburan bagi buku-buku yang sudah terlupakan, terletak di jantung kota Barcelona. Siapapun yang masuk ke sana, harus mengambil satu buah buku, dan melindunginya seumur hidup. Cemetery of Forgotten Books terdiri dari ribuan gang, labirin, ruangan mungil menyerupai gua atau lubang, dan rak-rak yang menjulang tinggi, dan semuanya dipenuhi oleh buku. Bahkan dindingnya pun terbuat dari buku. You can easily get lost here, but I guess maybe that’s what every bookworm secretly wished for!

Kira-kira begini penampakan Cemetery of Forgotten Books. Source

Kira-kira begini penampakan Cemetery of Forgotten Books. Source

1. Bookholm, The City of Dreaming Books (Walter Moers)

Ini adalah kota impianku, seandainya saja ada kota seperti ini di dunia kita. Bookholm merupakan kota di realm Zamonia yang dikhususkan bagi para pencinta buku, karena semua unsur kota ini berhubungan erat dengan buku. Yang pasti, ada toko buku, mulai dari yang eksklusif sampai yang obralan, buku langka yang mahal sampai buku murah seken yang menggoda. Toko buku besar sampai kecil. Ada juga kafe-kafe, banyak yang buka 24 jam dan menyuguhi penganan menarik seperti bolu berbentuk buku, dan memiliki banyak event seru seperti pembacaan buku atau bertemu dengan penulis. Bahkan, ada katakomba di bawah tanah kota ini yang penuh dengan labirin dari buku- tempat para bookhunter rebutan buku-buku langka yang sudah menghilang di bawah tanah. Siapa yang mau ikut tur ke kota ini? 😀

Jalanan di kota Bookholm, banyak buku nganggur di pinggir jalan :) Source

Jalanan di kota Bookholm, banyak buku nganggur di pinggir jalan 🙂 Source

Katakomba Bookholm, serem tapi seru! Source

Katakomba Bookholm, serem tapi seru! Source

 

Ada yang mau menambahkan tempat bookish impiannya? 🙂