Tags

, , , ,

mystery-book-club

Kalau masih mencari-cari event atau reading challenge yang seru di tahun 2014 (dan marilah melupakan semua reading challenge 2013 yang mungkin masih belum sukses), yuk ikutan 2014 Mystery’s Book Club. Event yang di-host oleh Maria aka @HobbyBuku ini boleh banget dijadikan ajang menghabiskan TBR Pile bergenre misteri, atau justru mencoba membaca karya penulis dari genre ini yang sebelumnya tidak familiar.

Sebagai bagian dari event ini, di bulan-bulan tertentu juga bakal ada readalong dari penulis misteri yang berbeda-beda. Nah, untuk bulan Maret, readalong buku-buku John Grisham akan dihost oleh Books to Share🙂

grisham button

Untuk tahu lebih banyak tentang John Grisham, silakan cek langsung di sini atau di sini. Grisham sudah menerbitkan banyak banget buku, dari yang mulai genre drama pengadilan, thriller/mystery, kisah detektif anak, sampai kumpulan cerita pendek dan novel dengan tema sports.

Berikut list buku-buku John Grisham yang bisa dibaca untuk event ini:

1. A Time To Kill: kisah pertama yang melambungkan nama Grisham. Cocok buat penggemar kisah thriller dengan latar pengadilan.

2. The Firm: ini kisah thriller berbalut konspirasi dalam dunia korporasi yang kejam. Pace nya cepet banget dan sudah difilmkan juga.

3. The Client: salah satu buku Grisham yang tokoh utamanya anak kecil, yang tanpa sengaja jadi saksi suatu pembunuhan penting.

4. The Pelican Brief: Pembunuhan hakim agung berlatar politik. Seorang mahasiswi hukum menemukan berkas yang akan membuatnya menjadi incaran pembunuhan berikut. One of Grisham’s bests!

5. The Chamber:Ini salah satu buku Grisham yang paling emosional dan menguras air mata, soalnya latar belakang ceritanya tentang hukuman mati. Yang suka drama, cobain baca ini deh.

6. The Rainmaker: Intrik legal dan korporasi dengan latar belakang pengadilan. Aku belum baca, jadi nggak bisa komentar. Yang pasti, masuk di reading listku juga🙂

7. The Runaway Jury: kritik Grisham terhadap sistem pengadilan Amerika yang berbasis pada juri. Apa benar juri-juri dalam kasus ini dimanipulasi?

8. The Partner: Ex partner law-firm terkemuka yang diketahui meninggal dunia, ternyata menjalani hidup baru dengan uang curian dari perusahaannya yang dulu. Akankah ia tertangkap?

9. The Street Lawyer: Mantan pengacara ambisius dari law firm terkemuka, beralih profesi menjadi pengacara jalanan yang membantu orang-orang miskin. Penasaran! Masuk ke reading listku juga nih🙂

10. The Testament: Surat wasiat tak terduga dari seorang jutawan kaya membawa pengacaranya berkelana sampai hutan Amazon untuk mencari sang ahli waris. Seru, dan banyak unsur petualangannya juga!

11. The Brethren: Sekelompok mantan hakim yang sedang dipenjara, membuka praktek “ilegal” di dalam penjara, membantu narapidana yang ingin konsultasi urusan pajak atau masalah hukum lainnya. Dan calon klien alias korban tak terduga pun tiba-tiba mendatangi mereka.

12. The Summons:Seorang hakim yang sudah pensiun memanggil anak-anaknya pulang kampung untuk menyelesaikan masalah properti dan warisan. Tapi ia meninggal terlalu cepat, dan meninggalkan kejutan berupa rahasia kelam bagi anaknya.

13. The King of Torts:Kasus penuntutan ganti rugi terhadap perusahaan farmasi raksasa yang menjebak seorang pengacara muda ke dalam lembah konspirasi yang melibatkan uang jutaan dollar. Seru dan fast paced!

14. The Last Jurors: Salah satu buku favoritku nih! Aku suka soalnya naratornya kocak, wartawan muda sekaligus pemilik kantor surat kabar satu-satunya di kota kecil Clanton. Kasus pembunuhan besar membuatnya bersemangat karena biasanya Clanton selalu adem ayem.

15. The Broker: Yang ini sedikit beda karena Grisham memasukkan unsur spionase, CIA dan teori konspirasi. Tokohnya adalah mantan broker yang memegang rahasia penting dunia, dan dikejar-kejar banyak pihak.

16. The Innocent Man: Ini cocok untuk yang menyukai kisah non-fiksi, karena diangkat dari kejadian nyata, tentang seorang laki-laki yang menghadapi hukuman mati untuk perbuatan yang tidak dilakukannya – dan betapa bobroknya sistem hukum Amerika.

17. The Appeal: Belum baca nih! Banyak yang bilang agak kecewa karena terlalu kelam. Mengungkit sistem peradilan Amerika di mana hakim maupun pengambil keputusan bisa “dibeli” oleh sebuah perusahaan raksasa yang menghadapi tuntutan paling besar sepanjang sejarah.

18. The Associate:Temanya sedikit mirip dengan The Firm, mengenai konspirasi dan persaingan antar perusahaan hukum besar, yang “merekrut” calon pengacara muda sebagai mata-mata mereka, kadang melalui ancaman maut.

19. Ford County: Yang suka short stories collection, this one is for you! Kumpulan cerita pendek berlatar drama yang dibumbui unsur hukum dan thriller, dengan setting kota ciptaan Grisham.

20. The Confession: Versi fiksinya The Innocent Man, yang lebih dramatis karena ada bumbu-bumbu emosional. Siap-siap menguras air mata!

21. The Litigators: Satu lagi yang masuk ke reading listku (wishlist, lebih tepatnya). Tentang sekumpulan pengacara gagal yang law firmnya nyaris bangkrut, dan berusaha mengais rejeki saat menuntut perusahaan farmasi raksasa untuk efek samping obat kolesterol mereka. A Grisham’s classic!

22. The Racketeer: Yang ini masih masuk daftar antrianku juga. Ceritanya tentang seorang informan yang tahu siapa pembunuh hakim federal, dan latar belakang alasannya. Tapi setiap informasi, pasti ada harganya.

23. Sycamore Row: Karya terbaru dari Grisham. Lanjutan dari A Time To Kill, dan baru aja ada di Wishful Wednesdayku minggu lalu. Yang pasti, kamu termasuk beruntung kalau bisa baca Sycamore Row di event readalong ini😀

Selain buku-buku di atas, kalau kamu lebih suka buku anak-anak atau young adult, kamu bisa juga mencoba serial Theodore Boone, yang saat ini sudah terbit sampai buku ke -4 (tapi yang diterjemahkan oleh GPU baru 3 buku)

1. Theodore Boone, Kid Lawyer: memperkenalkan Theo Boone, anak pasangan pengacara yang bercita-cita ingin mengikuti jalan hidup orang tuanya. Theo terlibat dalam kasus pembunuhan terbesar di kotanya saat seorang saksi mata meminta bantuannya.

2. Theodore Boone, The Abduction: Theo menyelidiki hilangnya sahabat karibnya, April, yang mendadak lenyap suatu malam. Apakah April diculik?

3. Theodore Boone, The Accused: Theo dijebak, dan menjadi tersangka kasus pembobolan toko komputer di kotanya. Siapakah yang tega berbuat seperti itu, dan berhasilkah Theo membuktikan ia tak bersalah?

4. Theodore Boone, The Activist: Yang ini aku belum baca🙂 Ceritanya tentang pertentangan antara isu politik dan lingkungan hidup, dan Theo berada di tengah-tengahnya, siap membela yang benar. Kayaknya seru!

Untuk buku-buku Grisham dengan genre murni drama maupun novel olahraga, terpaksa tidak kumasukkan ke sini, karena tidak sesuai dengan tema Mystery’s Book Club. Ada A Painted House, Skipping Christmas, Bleachers, Playing For Pizza, dan Calicoe Joe. Mungkin seru juga kalau kapan-kapan bikin readalong lagi🙂

Nah, tertarik untuk ikutan merambah dunia Grisham? Atau menghabiskan timbunanmu yang tak kunjung berkurang? Caranya gampang kok:

  1. Follow blog ini DAN blog Hobby Buku’s Mystery Stories.
  2. Mendaftar di KOLOM KOMENTAR blog Hobby Buku’s Mystery Stories dengan format: Nama | URL blog/FB/Goodreads | e-mail | twitter (kalau punya). Secara otomatis kamu juga mendaftar sebagai anggota klub dan bisa mengikuti event-event lainnya sepanjang tahun.
  3. Tinggalkan KOMENTAR di post ini juga, supaya kita semua tahu bakal readalong dengan siapa saja. ^^
  4. Pasang button Mystery’s Book Club di atas di side bar blogmu.
  5. Kalau mau, silakan pasang button Grisham Readalong ini juga di postingan review John Grisham-mu (tidak wajib)
  6. Selama bulan Maret (tgl 1 s/d 31) baca 1 atau lebih buku-buku John Grisham yang bergenre misteri/thriller hukum, boleh terjemahan atau versi aslinya.
  7. Buat reviewnya dan masukkan link review setiap postinganmu tsb di linky dibawah ini (akan terbit 1 Maret 2014). Linky ditutup pada 10 April 2014.
  8. Ada satu hadiah untuk satu peserta yang membaca dan mereview buku-buku Grisham dengan jumlah terbanyak (kalau jumlahnya lebih dari satu orang, akan diundi), serta satu hadiah untuk satu peserta yang dipilih secara acak berdasarkan entry di Mr. Linky. Pemenang berhak memilih satu buah buku karangan John Grisham (boleh Bahasa Inggris maupun terjemahan) dengan harga maksimal IDR 100,000 atau USD 10. Pemenang diumumkan tanggal 15 April 2014.

Nah, seru kaaan? Yuk, seru-seruan sama John Grisham, salah satu master of story telling yang paling terkenal saat ini🙂

 

UPDATES!

Atas beberapa permintaan, event Readalong Grisham diperpanjang sampai tanggal 30 April 2014. Akan ada kemungkinan kategori dan hadiah tambahan yang akan diumumkan lagi nanti ya🙂 Tanggal pengumuman pemenang akan menyusul. Yuk, masukkan linkmu mumpung masih ada waktu🙂