Tags

, , , , , , , ,

bordirJudul: Embroideries (Bordir)

Penulis: Marjane Satrapi

Penerjemah: Tanti Lesmana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2006)

Halaman: 136p

Beli di: Bukabuku (IDR 35k, disc 20%)

Buku ini adalah salah satu buku paling menghibur yang kubaca di tahun 2013. Ke mana saja ya aku, sudah melewatkan Marjane Satrapi selama ini?

Sebenarnya kisah graphic novel ini sangat sederhana, menggambarkan kehidupan sehari-hari perempuan Iran saat sedang berkumpul dan mengobrol. Dan di mana dua-tiga orang perempuan berkumpul, di situlah hadir segala jenis gosip dan curhat yang terlalu menggiurkan untuk dilewatkan.

Topik paling seru (sekaligus tabu) tentu saja tentang seks. Bagaimana perempuan di Iran masih terikat dengan perjodohan, dan bagaimana mereka mengakali nasib tersebut. Bagaimana mereka mulai melawan tradisi dan bereksperimen, termasuk dengan pria-pria asing yang dianggap lebih menantang. Juga bagaimana sebagian dari mereka berusaha mengakali kenyataan bahwa mereka sudah tidak perawan lagi ketika menikah dengan suami mereka. Semuanya disampaikan Satrapi dengan ilustrasi yang sederhana namun mengena, percakapan ringan mengalir yang serba kocak, dan ditingkahi dengan ironi di sana-sini.

Membaca kisah-kisah ini terasa dekat dengan kehidupan perempuan- terutama di Asia dan Timur Tengah- dalam pergumulan menghadapi tradisi dan perubahan jaman sekarang ini. Dan tanpa sadar aku jadi kangen berbincang-bincang dengan perempuan-perempuan cerewet di keluarga besarku πŸ™‚

LOL, one of my favorite scenes :)

LOL, one of my favorite scenes πŸ™‚

Bordir disebut-sebut sebagai karya Satrapi yang termasuk paling ringan dan menghibur, namun aku jadi ingin mencicipi karya lainnya yang lebih serius, seperti Persepolis.

Posting ini diikutsertakan dalam Posting Bersama Blogger Buku Indonesia bulan November 2013 dengan tema graphic novels πŸ™‚

Advertisements