Tags

, , , , , , , ,

mirror crackdJudul: The Mirror Crack’d From Side to Side (Dan Cermin Pun Retak)

Penulis: Agatha Christie

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2013)

Penerjemah: Ny Suwarni A.S.

Halaman: 384p

Gift from: @Selselkelabu

Terus terang, jarang ada kisah-kisah Miss Marple yang menyentuhku begitu dalam seperti beberapa kisah Poirot (bukan pilih kasih lho!), dan buku ini adalah salah satu dari yang sedikit itu.

Pertama, buku ini mengisahkan tentang perubahan, yang membuat kita sebagai pembaca setia Agatha Christie menyadari kalau tokoh-tokoh serial ini semakin bertambah tua dan rapuh. Tak terkecuali Miss Marple, yang kini tinggal bersama seorang pendamping, Miss Knight yang meski bermaksud baik tapi kelakuannya seringkali menjengkelkan. St Mary Mead, desa tempat tinggal Miss Marple juga sudah banyak berubah. Beberapa sahabat Miss Marple yang dulu sering ikut bergunjing tentang kasus-kasus di desa tersebut, kini sudah meninggal dunia atau sakit-sakitan. Perubahan lain pada desa ini adalah munculnya daerah Pemukiman Baru, yaitu sekelompok perumahan modern yang dihuni oleh keluarga-keluarga muda.

mirror crackd2Alasan kedua kenapa buku ini menyentuhku adalah latar belakang kisahnya, yang penuh dengan tragedi masa lalu, cinta dan kehilangan. Tentu aku tak bisa bercerita banyak tanpa menebar spoiler, jadi aku kasih sedikit saja bocorannya ya. Kasus ini diawali dari -apa lagi kalau bukan- perubahan. Rumah besar keluarga Gantry, yang dulu dihuni oleh Kolonel dan Mrs Gantry dan sempat menjadi setting kasus Mayat dalam Perpustakaan yang terkenal, kini ditinggali oleh seorang aktris terkenal, Marina Gregg, dan suaminya sang sutradara Jason Rudd. Sebagai bagian dari acara open house sebagai pendatang baru di lingkungan St Mary Mead, Marina mengundang beberapa tamu spesial untuk dijamu di ruang pribadinya.

Namun suatu tragedi terjadi ketika salah seorang tamu yang berasal dari Pemukiman Baru, Heather Baddock, meninggal akibat dosis obat berlebih yang dimasukkan dalam minumannya. Semua orang menyimpulkan kalau itu adalah pembunuhan yang keliru- karena target sesungguhnya adalah Marina Gregg. Namun siapa yang begitu dendam pada sang aktris cantik tersebut sehingga ingin meracuninya dalam pesta di rumahnya sendiri? Ada apa di masa lalu Marina Gregg?

Miss Marple- dengan dukungan Mrs Gantry yang hadir sebagai undangan di pesta tersebut, serta dokternya yang menyarankannya untuk menyibukkan diri dengan “kasus pembunuhan”- berusaha menyatukan keping-keping misteri yang melingkupi tragedi menyedihkan ini, serta menguak masa lalu sang aktris yang ternyata menyimpan rahasia kelam.

Alasan terakhir kenapa buku ini begitu menyentuhku adalah judulnya yang diambil dari mirror crackd3puisi Alfred Tennyson:

Terbanglah sudah si penjerat/ sambil mengambang meluas/ cermin pun retak, dari sisi ke sisi/ “Kutukan telah menimpa diriku,” seru The Lady of Shalott.

Sayangnya, aku tidak bisa menceritakan alasan mengapa judul ini terasa sangat tepat dan menyedihkan, tanpa memberikan setitik spoiler. Namun, kuncinya memang ada pada pemahaman puisi ini- serta raut wajah Marina sesaat sebelum tragedi menimpa rumahnya. Jadi, silakan baca dulu buku ini, baru kita berdiskusi lagi ya🙂

Trivia:
Buku ini – seperti temanya tentang masa lalu dan perubahan- merupakan buku terakhir yang ditulis Christie dengan latar belakang pedesaan Inggris St Mary Mead yang sudah mewarnai banyak buku-bukunya dan menjadi ciri khas kisah-kisah Miss Marple. Mungkin buku ini merupakan salam perpisahan Christie terhadap segala yang berbau Inggris kuno- elemen penting yang telah membesarkan namanya dan menjadi salah satu ciri khasnya.

Novel ini pernah diangkat ke layar lebar di tahun 1980 (selain menjadi bagian dari serial televisi), dengan Angela Lansbury memerankan Miss Marple, dan Elizabeth Taylor sebagai Marina Gregg.

Submitted for:

Agatha Christie Button Meme 1MysteryReadingChallengeButton1