Tags

, , , , , , ,

twitsJudul: The Twits

Penulis: Roald Dahl

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2010)

Penerjemah: Yoke Octarina

Halaman: 104p

Usia kelayakan baca: 8 years old and up

Roald Dahl selalu memukauku dengan imajinasinya yang luar biasa, terkadang malah terkesan inappropriate untuk anak kecil yang merupakan target pembacanya. Tak terkecuali dalam buku The Twits, yang mengisahkan kehidupan suami istri super aneh dan mengerikan. Mr dan Mrs Twit sering mengerjai satu sama lain dengan cara-cara yang ajaib dan kejam, mulai dari Mrs Twit yang mencampur makanan Mr. Twit dengan cacing, lalu Mr Twit menerbangkan istrinya dengan balon ke angkasa- pokoknya sadis dan bikin geleng-geleng kepala.

Suami istri ini juga digambarkan sangat jorok, nggak pernah mandi, tidak suka anak-anak dan kejam terhadap binatang. Pokoknya nggak ada sifat baik dalam diri mereka (meskipun disebut-sebut kalau Mrs Twit dulu sebenarnya merupakan sosok yang cantik dan ceria). Mereka punya peliharaan 4 ekor monyet Muggle-Wump (yang sering disiksa dan dipaksa melakukan gerakan akrobatik aneh-aneh), dan pada suatu hari, kekejaman mereka pada binatang-binatang tersebut membuahkan pembalasan yang setimpal, dengan bantuan para burung termasuk si burung Roly Poly.

Pesan yang disampaikan oleh cerita ini sebenarnya sangat sederhana: orang-orang jahat akan mendapatkan balasan yang setimpal. Namun dikisahkan melalui tulisan yang penuh detail absurd dan menjijikkan khas Roald Dahl, ceritanya memang menjadi luar biasa. Seperti sebelum-sebelumnya, aku selalu menyarankan agar anak-anak sebaiknya didampingi orang tua saat membaca buku-buku Roald Dahl, termasuk yang satu ini. The Twits bukan termasuk favoritku karena kisahnya yang terlalu berlebihan (cocok untuk menakut-nakuti anak kecil yang bandel, haha), tapi ciri khas Roald Dahl memang terasa kental sekali di sini. Sayangnya hingga saat ini, proyek film The Twits tidak kunjung menjadi nyata. Padahal seru juga kalau melihat kegilaan pasangan ini di layar lebar 😀

Submitted for:

Come join the event!

Come join the event!

name challenge 2013