Tags

, , , , , , ,

complete christieJudul: The Complete Christie

Penulis: Matthew Bunson

Penerbit: Pocket Books (2000)

Halaman: 454p

Beli di: Abe Books (USD 1)

Sebenarnya, The Complete Christie bukan merupakan buku biografi murni. Lebih tepat dikatakan sebagai buku referensi atau ensiklopedia, karena membahas secara mendalam semua hasil karya Agatha Christie, termasuk analisis terhadap karakter-karakternya.

Bagian tentang biografinya termasuk singkat, ditulis dengan gaya ringkas dan padat sesuai kronologi kehidupan sang maestro misteri: mulai dari masa kecilnya, pernikahannya yang pertama, awalnya ia terjun di dunia penulis, hingga misteri menghilangnya Christie saat pernikahannya di ujung tanduk (salah satu topik paling menarik yang hingga kini tidak jelas kebenarannya). Kemudian dibahas juga pertemuannya dengan Max Mallowan, suami kedua yang berumur jauh lebih muda.

Bagian yang lebih menarik dari buku tebal ini justru adalah pembahasan khusus mengenai karya-karya Agatha Christie, termasuk yang ditulis dengan nama alias Mary Westmacott. Selain plot (yang untungnya tidak mengandung spoiler), ada juga trivia tentang fakta-fakta unik dibalik penulisan kisah yang bersangkutan, seperti ending yang terpaksa diubah dalam buku Death Comes As The End, atau penyesalan Christie melibatkan tokoh Poirot di beberapa buku terakhirnya, seperti The Hollow. Latar belakang setting juga dibahas dengan cukup mendetail di bagian ini.

Sedangkan di bagian pembahasan karakter, yang memiliki porsi terbesar tentu saja Hercule Poirot, dan aku sama sekali tidak mengeluh terhadap kenyataan ini πŸ™‚ Banyak fakta baru dan menarik yang kuperoleh dari bagian tersebut, begitu juga tentang karakter-karakter lain, dari yang utama sampai yang perannya hanya selintas saja.

Namun lucunya, ada saja beberapa kesalahan yang terdapat dalam buku yang tampaknya sudah diriset dengan sangat teliti ini. Misalnya, saat tokoh Ariadne Oliver disebut sebagai penulis yang membenci acara-acara untuk penulis, seperti yang ada di buku Five Little Pigs. Padahal di buku tersebut, tidak ada tokoh Mrs Oliver, dan yang dimaksud sepertinya adalah buku Elephants Can Remember.

Secara keseluruhan, buku ini sangat kurekomendasikan pada semua penggemar Agatha Christie, dan menjadi referensi berharga yang dapat terus dibuka-buka saat membaca salah satu karya Christie. Namun bila ingin membaca kisah hidup Christie yang lebih lengkap, lebih baik cari buku khusus biografi/autobiografinya saja. Aku sendiri tertarik untuk mencoba biografi karya Janet Morgan yang kata orang-orang termasuk salah satu yang paling otentik.

Posting ini dibuat sebagai posting bersama Blogger Buku Indonesia bulan September dengan tema biografi.

Sekaligus juga ambil bagian di event Agatha Christie Read A Long yang dihost oleh Hobby Buku πŸ™‚

Agatha Christie Button Meme 1

 

Advertisements