Tags

, , , , , , , , ,

nancy drew1Judul: The Best of Nancy Drew, Classic Collection Vol 1

Penulis: Carolyn Keene

Penerbit: Grosset & Dunlap (2011)

Pages: 546 p

Beli di: IBF 2012 (IDR 50k, bargain price!)

Usia kelayakan baca: 10 yo and up

Buku ini adalah salah satu harta karun yang aku dapat di Indonesian Book Fair tahun lalu. Terdiri dari 3 kisah misteri terbaik Nancy Drew, buku ini seolah membawaku kembali ke masa lalu, ke dalam kisah-kisah detektif simpel yang tidak dibumbui romansa berlebihan atau fantasi bombastis.

The Secret of The Old Clock, merupakan kisah petualangan pertama Nancy Drew yang mengawali segalanya. Nancy berusaha mencari keberadaan surat wasiat misterius yang dapat memperbaiki hidup teman-temannya yang kurang beruntung.

The Bungalow Mystery, di kisah ini Nancy berusaha membantu seorang teman yang mengalami kesulitan karena harta peninggalan keluarganya terancam dicuri oleh orang tua angkatnya. Penyelidikan Nancy membawanya ke sebuah bungalow tua misterius yang menyimpan rahasia yang dapat mengancam nyawanya.

The Mystery of The 99 Steps, misteri yang dihadapi Nancy membawanya ke Perancis. Nancy berusaha membantu kenalannya yang dihantui mimpi buruk tentang suatu tempat yang berhubungan dengan “99 steps”. Dan penyusuran Nancy terhadap masa lalu kliennya membawanya ke daerah pedesaan Perancis- dan kasus besar lain yang tersembunyi di dalamnya.

Kisah-kisah Nancy Drew sebenarnya tidak seseru Trio Detektif. Alurnya lebih mudah ditebak, dan penyelesaiannya pun kadang terlalu mudah. Karakter Nancy juga bisa dibilang terlalu perfect- all American girl banget, dengan kecantikan khas gadis Amerika (rambut pirang, etc), serta keberanian dan kecerdikan yang membantunya memecahkan kasus-kasus. Ayah Nancy, Carson Drew, seorang pengacara yang juga digambarkan sangat sempurna, tampan, baik hati dan sukses.

Kelebihan kisah-kisah Nancy adalah ide cerita yang cukup unik, latar belakang dan setting yang menarik, serta beberapa klimaks yang bisa bikin deg-degan. Favoritku di buku ini adalah misteri “99 steps”, karena selain settingnya di Perancis yang menyegarkan, juga latar belakang kisahnya yang unik dengan nuansa misteri yang lebih kental dibandingkan dua cerita lainnya.

Senang juga bisa kembali ke masa lalu dan menyusuri kisah-kisah old school semacam ini, setelah cukup lelah dibombardir dengan gempuran kisah romans/fantasi jaman sekarang. At least you can be sure that there’s no vampires or werewolves hiding in the stories!

Trivia:
Carolyn Keene adalah pseudonym atau nama alias dari sekitar 10 orang penulis kisah-kisah Nancy Drew. Selain untuk Nancy Drew, nama Carolyn Keene juga dipakai sebagai penulis serial misteri The Dana Girls.

Hingga saat ini, sudah ada 175 volume buku Nancy Drew yang diterbitkan dari tahun 1930 sampai 2003, dan seiring perjalanannya karakternya pun semakin berkembang mengikuti jaman.

Ternyata, nama Nancy Drew berubah di beberapa edisi terjemahan. Di Jerman misalnya, namanya berganti menjadi Susanne Langen, sedangkan di Perancis namanya menjadi Alice Roy.

Submitted for:

Come join the event!

Come join the event!

name challenge 2013MysteryReadingChallengeButton1

Advertisements