Tags

, , , , , , , ,

mary poppinsJudul: Mary Poppins

Penulis: P.L. Travers

Penerbit: Qanita (2012)

Penerjemah: Desak Pusparini

Halaman: 228p

Beli di: Gramedia Mal Taman Anggrek (IDR 39k)

Usia kelayakan baca: 8 yo and up

Aku mengenal Mary Poppins dari film keluaran Disney puluhan tahun lalu, saat sosok Julie Andrews dengan cemerlang menjelma menjadi sang pengasuh serba bisa. Bertualang bersama anak-anak keluarga Banks, Mary Poppins mengajari mereka bahwa hal-hal penting dalam hidup bukan hanya tentang mematuhi peraturan belaka.

Baru kali inilah aku mencicipi buku Mary Poppins, asal muasal terciptanya film Disney yang fenomenal tersebut. Ternyata, sosok Mary di sini cukup berbeda dari apa yang kuingat di filmnya. Di buku ini Mary Poppins digambarkan lebih kaku, misterius dan tidak penuh humor, berbeda dengan di filmnya yang nuansa cerianya lebih terasa.

Mary memang masih merupakan pengasuh yang cekatan, yang sangat disayang oleh Jane, Michael, dan si kembar John dan Barbara. Dan petualangan yang mereka jalani juga masih seru: main bersama binatang yang bisa bicara, belanja dengan anak titisan gugus bintang, berkunjung ke pamannya yang sering terserang gas tertawa- semua dialami anak-anak Banks dengan penuh ketakjuban. Tapi ada kesan yang sedikit angkuh pada Mary versi asli ini, yang membuatnya sulit didekati dan kadang agak mengherankan mengapa anak-anak sangat memujanya.

Mungkin juga versi di film menggabungkan sosok Mary Poppins dari beberapa buku sekaligus di serial ini, yang karakternya lebih humoris di buku-buku selanjutnya. Aku sendiri baru sadar kalau Mary Poppins merupakan serial yang terdiri dari 4 buku. Pantas saja banyak petualangan di film yang tidak ada di buku pertama ini.

Versi terjemahan Qanita ini enak diikuti, cukup mengalir dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Dan covernya yang diambil dari salah satu adegan film mungkin agak menyesatkan karena tidak ada di bukunya, tapi tetap menyenangkan karena mengembalikan memori masa lalu ๐Ÿ™‚

Submitted for:

Come join the event!

Come join the event!

name challenge 2013back to children lit