Tags

, , , , , , , , ,

secret garden1Judul: Secret Garden (Taman Rahasia)

Penulis: Frances Hodgson Burnett

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2010)

Halaman: 320p

Beli di: Pesta Buku Gramedia Citiwalk (IDR 35k disc 20%)

Usia kelayakan baca: 8 yo and up

Ketika Mary Lennox datang ke Inggris dari India sebagai seorang anak yatim piatu, ia bukanlah sosok yang menyenangkan. Di India, Mary tidak diperhatikan oleh orang tuanya yang selalu sibuk, sehingga ia menjelma sebagai anak yang manja dan sakit-sakitan. Setelah orang tuanya meninggal, Mary diungsikan ke rumah paman yang tak pernah dikenalnya, Mr Archibald Craven, yang tinggal di Inggris. Rumah tua bernama Misselthwaite Manor itu terletak di daerah Yorkshire, di tepi padang moor.

Awalnya Mary membenci rumah dengan 100 buah kamar yang tampak selalu sepi itu, apalagi pamannya merupakan sosok menyeramkan yang tidak pernah terlihat bahagia sejak ditinggalkan oleh istrinya 10 tahun lalu. Namun Mary mulai berubah setelah mengenal Dickon, anak laki-laki Yorkshire yang sangat mencintai alam. Dari Dickon pula Mary belajar banyak tentang kebun, tumbuhan serta binatang, hal-hal yang sebelumnya tak pernah ia perhatikan. Kehidupan di Misselthwaite Manor juga bertambah menarik ketika Mary mendengar ada sebuah taman misterius yang sudah ditutup rapat 10 tahun lamanya. Ditambah lagi, ia beberapa kali mendengar suara tangisan di malam hari. Ada rahasia apa sebenarnya di rumah itu?

Secret Garden adalah salah satu buku anak klasik terbaik yang tidak pernah bosan

Versi Gramedia tahun 80an, jadul!

Versi Gramedia tahun 80an, jadul!

kubaca berulang kali. Versi pertama yang aku punya adalah terbitan Gramedia tahun 80-an. Dan aku sangat senang ketika Gramedia kembali menerbitkan buku ini sebagai salah satu serial klasiknya dengan cover yang cantik. Nuansa gothic yang ada dalam buku ini terasa sangat pas dengan alur cerita yang gelap dan misterius. Rumah tua yang serba tertutup, taman rahasia, sosok paman yang bungkuk dan tak bahagia, tangisan di tengah malam..

Karakter Mary yang awalnya menyebalkan juga perlahan bisa membuat kita simpati padanya. Secret Garden memberikan banyak pesan tentang kebahagiaan, kecintaan pada alam sekitar, serta kemauan untuk bertahan hidup. Setting musim semi ceria yang menggantikan musim dingin yang suram seolah ingin mengimbangi nuansa gelap yang terdapat di bagian awal buku. Tak ada yang menghalangi kita untuk hidup- kecuali ketidakmauan untuk bertahan dan menjalani hidup!

Terinspirasi dari Mbak Truly yang memiliki koleksi buku Little Women dalam berbagai versi cover dan bahasa, aku berniat untuk pelan-pelan mengumpulkan Secret Garden dalam berbagai edisi. Dan sudah ada beberapa cover yang menjadi incaran! 🙂

Suka sama nuansa cokelat ranting-rantingnya.

Suka sama nuansa cokelat ranting-rantingnya.

Yang ini imut bangeeet :D

Yang ini imut bangeeet 😀

Ini paling bikin mupeng!!

Ini paling bikin mupeng!!

Postingan ini disubmit untuk posting bareng Blogger Buku Indonesia bulan Juli dengan tema buku anak, juga disubmit untuk FYE Children Literature yang dihost oleh BZee.

Disubmit juga untuk event Back to Children Classic’s Literature yang dihost oleh Hobby Buku.

back to children lit