Tags

, , ,

sceneonthreeYeaaay, meme baru dari Bzee ini keren banget deh. Dibuat setiap tanggal yang mengandung unsur 3, tentang salah satu scene (bisa berupa adegan, dialog, deskripsi setting etc) yang berkesan dari buku yang kita baca.

Untuk edisi pertama ini, aku mengambil satu adegan dari buku Taman Rahasia (The Secret Garden) yang sedang kubaca. Karena aku membaca versi terjemahan Gramedia, maka adegannya pun dalam bahasa Indonesia:

“Indah sekali,” Mary berkata, agak kehabisan napas. “Belum pernah kulihat yang seindah itu! Dia sudah datang! Kupikir dia datang beberapa waktu lalu, tapi ternyata baru mendekat. Sekarang sudah di sini! Musim semi sudah datang!”

….

“Semuanya mulai mendesak keluar dari dalam tanah,” Mary menjelaskan cepat-cepat. “Bunga-bunga membuka diri dan kuncup-kuncup bermunculan, tirai hijau menutupi hampir semua warna kelabu dan burung-burung bergegas membangun sarang karena takut terlambat.” (p 213-214)

Seperti CS Lewis lewat Aslan di serial Narnia, Frances Hodgson Burnett menjadikan musim semi sebagai lambang pengharapan setelah musim dingin yang panjang dan kelabu. Dalam Narnia, Aslan datang seiring musim semi, membawa kehangatan setelah musim dingin panjang ciptaan si penyihir jahat. Di Taman Rahasia, musim semi juga membawa perubahan yang luar biasa terhadap para tokoh di dalamnya, setelah berada dalam keadaan tidak bahagia.

Suasana ini juga mengingatkanku dengan yang kurasakan saat dulu sempat tinggal di Belanda, menyambut musim semi seolah dunia lahir kembali. Kuncup bunga mulai membuka, matahari bersinar cerah, jaket tebal ditinggalkan. Satu hal yang kadang tidak pernah kita sadari dan syukuri di Indonesia, karena kita mendapat kemewahan untuk menikmati udara hangat dan bunga-bungan yang bermekaran sepanjang tahun.

Pingin ikutan Scene on Three juga? Yuk!

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

 

 

Advertisements