Tags

, , , , , , ,

the thiefJudul: The thief (Sang Pencuri dari Eddis)

Penulis: Megan Whalen Turner

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2011)

Halaman: 360p

Swap with Ferina

Usia kelayakan baca: 8 yo and up

Karena terlalu banyak membual mengenai keahliannya mencuri, Gen akhirnya malah ditangkap dan dijebloskan ke penjara Raja. Kesempatan untuk melarikan diri memang sangat kecil, namun keberuntungan berpihak padanya, saat Raja memanggilnya dan memerintahkan Gen untuk membantu mencuri harta terpendam dari kerajaan lain, yang akan membuat sang Raja semakin berkuasa.

Maka berangkatlah Gen bersama sang Magus, orang kepercayaan Raja, didampingi oleh dua orang muridnya dan seorang pengawal. Dan dimulailah petualangan panjang menyusuri medan yang sulit, berusaha menebak teka teki tentang lokasi harta tersebut dipendam, dan tentu menghadapi bahaya- baik dari pihak tak dikenal,maupun rombongan mereka sendiri. Hingga Gen membuktikan dirinya ternyata tak sekadar seorang pencuri biasa.

Aku sangat menyukai buku-buku Newbery dan bertekad ingin membaca dan mengoleksi buku-buku tersebut. The Thief telah menggondol penghargaan Newbery Honor Book (di samping beberapa penghargaan lainnya) sehingga ekspektasiku cukup tinggi, meski telah membaca berbagai review yang kebanyakan menilai rendah buku ini.

Namun… Ternyata untuk pertama kalinya aku harus memberikan 2 bintang saja pada sebuah buku Newbery. Kenapa? Sejujurnya aku sudah berusaha keras untuk menyukai buku ini, membacanya dari awal sampai akhir meski sebenarnya ingin berhenti di tengah jalan. Penuturannya sangat lamban dan membosankan, terutama bagian di mana Gen menyusuri jalan menuju lokasi harta terpendam. Naik turun bukit, menyeberangi sungai, dll yang seharusnya bisa digambarkan dengan detail namun tetap menarik, justru dibuat menjadi deskripsi yang memancing kejenuhan, karena disampaikan layaknya buku teks sejarah yang bertele-tele.

Konfliknya sendiri tidak maksimal, twist di bagian belakang buku terasa agak dipaksakan dengan unsur kerumitan yang sepertinya terlalu berlebihan untuk ukuran buku middle grade. Kisah politik dan pengkhianatan yang sebenarnya merupakan tema menarik, dikemas dalam bentuk serba tanggung- antara membosankan dan membingungkan- yang membuatku bertanya-tanya apa yang menyebabkan buku ini menerima banyak penghargaan? Banyak orang yang menyarankanku untuk bertahan- karena buku ini adalah bagian pertama dari trilogi- dan terus membacanya hingga buku ketiga yang (katanya) jauh lebih bagus. Tapi kok masih malas ya untuk berkutat lagi di dunia Gen yang serba tidak jelas? Sigh.

Submitted for:

Come join the event!

Come join the event!

 

Advertisements