Tags

, , , , , ,

pippiJudul: Pippi Goes Aboard

Penulis: Astrid Lindgren

Penerbit: Oxford University Press (2006)

Halaman: 126p

Beli di: Pesta Buku Jakarta (IDR30k)

Usia kelayakan baca: 7yo and up

Kepingin banget deh rasanya punya teman seperti Pippi Longstocking. Tidak heran kedua tetangga sekaligus sahabatnya, Tommy dan Annika, selalu bahagia saat menghabiskan hari-hari mereka bersama Pippi. Baik di Villekulla Cottage, rumah Pippi yang penuh hal-hal menyenangkan seperti pohon berlubang yang sering ber “buah” cokelat, atau laci Pippi yang penuh pernak-pernik seru hasil petualangannya ke pelosok dunia. Juga petualangan di luar rumah, saat Pippi mengajak mereka berkemah di pulau tak berpenghuni, atau mentraktir mereka belanja gila-gilaan di kota memakai uang pemberian ayahnya.

Namun alangkah sedihnya Tommy dan Annika ketika tiba-tiba ayah Pippi datang berkunjung, dan mengajak Pippi untuk pergi ke Canny Canny Island bersamanya. Haruskah mereka berpisah?

Astrid Lindgren, seperti juga Roald Dahl, adalah penulis buku anak favoritku yang ide-idenya selalu seru, dengan imajinasi liar namun kisah-kisahnya selalu terselip kritik terutama terhadap orang dewasa yang melupakan ajaibnya dunia anak-anak. Pippi merupakan perwakilan anak kecil yang independen, tidak terikat aturan dan norma tertentu, bahkan menganggap orang tua dan guru sederajat dengannya.

Penggambaran berani ini sempat membuat kisah-kisah Pippi ditentang kehadirannya ketika pertama kali terbit tahun 1945 di Swedia. Namun- tentu saja akhirnya Pippi malah menjadi salah satu ikon buku anak yang tak lekang oleh waktu. Saranku kalau ingin membaca buku-buku Pippi, masuklah kembali ke dunia anak, jangan dibawa berpikir serius, karena kalau tidak, kita akan senewen sendiri, bagaimana rasanya bila anak-anak kita memiliki teman seperti Pippi!

Submitted for:

Come join the event!

Come join the event!

name challenge 2013