Tags

, , , , , ,

limboJudul: Limbo, and Other Places I Have Lived

Penulis: Lily Tuck

Penerbit: Perennial (2003)

Halaman: 170p

Swapped with Ndari

 

 

 

Limbo (n): an intermediate, transitional, or midway state or place

(thefreedictionary.com)

Untuk yang menyukai cerita-cerita dengan setting eksotis, dan ending yang menggantung, maka kumpulan cerita pendek ini sangat sesuai. Lily Tuck menyajikan 14 buah cerita pendek dengan benang merah yang jelas: kisahnya berkisar tentang perjalanan, baik fisik maupun spiritual, dari tokoh-tokoh perempuan di dalamnya.

Selain mengalami culture shock atau kekaguman melihat tempat-tempat baru yang berbeda di berbagai belahan dunia, rata-rata para perempuan di kisah-kisah ini juga sedang berada di tengah-tengah pencarian jati diri, atau di persimpangan jalan dan berusaha mengambil sebuah keputusan penting dalam hidupnya. Baru bercerai, putus cinta, bertemu kembali teman atau pasangan setelah sekian lama berpisah, atau memulai sebuah hubungan yang baru. Yaaa…model-modelnya Eat, Pray, Love yang dikompres menjadi cerita pendek.

Favoritku adalah kisah berjudul Fortitude, tentang seorang perempuan yang mengalami culture shock ketika mengunjungi suaminya yang bekerja di Thailand setelah berbulan-bulan tak bertemu. Bukan hanya lingkungan sekitarnya yang membuatnya shock, tapi suaminya yang ikut berubah seolah menjadi sosok tak dikenal.

Favorit lainnya adalah Limbo, tentang seorang anak perempuan yang harus mengikuti ibunya ke Peru, mengungsi dari rumah mereka saat Perang Dunia berlangsung, dan menjadi bingung manakah rumah sesungguhnya di dunia.

Sebagian besar kisah memiliki ending yang sangat-sangat menggantung. Aku suka kisah yang mengharuskanku untuk interpretasi sendiri arti endingnya, tapi kalau harus melakukannya untuk 14 kisah, plus kadang tidak jelas si penulis mau mengarahkan ceritanya kemana, rasanya capek juga. Seperti membaca cerita yang sengaja tidak diselesaikan oleh penulisnya, dan berusaha menebak-nebak apa maksudnya.

Meski demikian, aku sangat suka setting di semua cerita, yang digambarkan dengan baik dan detail, mulai dari Thailand yang panas dan berisik, pegunungan Swiss yang sunyi, hingga pedesaan Prancis di musim panas. Benar-benar terlihat kalau penulis memang pernah menginjakkan kaki disana, dan sepertinya beberapa kisah memang terinspirasi dari pengalamannya pribadi, yang pernah menetap cukup lama di Thailand dan Peru.

Postingan ini dibuat dalam rangka posting bersama Blogger Buku Indonesia, dengan tema kumpulan cerpen. Untuk melihat pilihan anak-anak BBI lainnya, silakan klik di sini.