Tags

, ,

Menyambung postingan tentang review toko buku online, kali ini aku ingin menambahkan satu lagi sharing tentang toko yang pernah direkomendasikan oleh beberapa teman, yaitu OpenTrolley Bookstore.

Kesempatan ini datang saat perwakilan OpenTrolley menawarkan voucher untuk dipakai berbelanja. Cukup menyenangkan sih, tapi sayangnya voucher yang ditawarkan adalah IDR 20k, sementara harga buku-buku di toko online tersebut terbilang cukup mahal, ditambah lagi harus dipotong ongkir IDR 10k. Hmmm…kok kayaknya kurang worth it ya?

Tapi karena sudah telanjur mengiyakan, akhirnya aku iseng browsing buku-buku yang kira-kira masih masuk ke dalam budget. Beberapa kelebihan shopping disini menurutku adalah:

1. Pilihan bukunya yang termasuk cukup beragam. Berbagai pilihan cover dan edisi yang berbeda-beda membuatku kagum juga. Banyak buku yang tidak bisa ditemukan di toko buku di Jakarta, bahkan di toko online seperti Book Depository, bisa ditemukan disini. Termasuk buku-buku anak dan YA yang seperti biasa jadi inceranku.

2. Pelayanannya cepat tanggap. Mulai dari konfirmasi pemesanan, pembayaran, sampai pegiriman nomer tracking, semua dilakukan dengan sigap. Tidak ada kebingungan dan email yang terlambat. Paket juga dikirim melalui courier yang terpercaya. Buku juga tiba dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, sesuailah dengan janji yang tercantum di websitenya.

3. Tarif pengiriman flat tidak tergantung jumlah/berat buku yang dibeli. Hmmm..ini sebenarnya antara untung dan rugi sih, soalnya kalau belanjanya cuman satu buah buku kayak aku kemarin ini, malah itungannya cukup rugi. Mungkin akan terasa menguntungkan kalau belanja banyak buku, atau belanja rame-rame sama temen sehingga bisa patungan.

4. Sistem pembayaran lebih beragam, bisa dengan kartu kredit maupun transfer melalui ATM.

5. Paketnya dibungkus rapi dan meyakinkan. Lengkap dengan kardus dan bubble wrap segala, sehingga buku dijamin tiba dalam keadaan selamat sentosa di tujuan.

Great packaging

Great packaging

Tapi, ada juga beberapa hal yang menurutku masih bisa ditingkatkan oleh OpenTrolley, misalnya:

1. Websitenya yang dibuat lebih informatif. Sebenarnya pencarian menurut genre sudah termasuk cukup lengkap, tapi alangkah menyenangkannya kalau ada bagian khusus yang mencantumkan buku-buku bargain, atau buku dengan kisaran harga tertentu, sehingga customer dapat lebih mudah mencari buku sesuai budget masing-masing.

2. Harga bukunya masih terbilang mahal, beberapa buku keluaran baru ada yang harganya masih lebih mahal bila dibandingkan dengan di Periplus atau Kinokuniya. Padahal, belanja online tujuannya selain mencari buku-buku yang sulit diperoleh di toko buku, juga untuk mendapat harga lebih murah!

Tadaaa...my new book =)

Tadaaa…my new book =)

Kalau masih penasaran, silakan klik langsung ke OpenTrolley, dan siap-siap dibuat ngiler oleh pilihan buku-bukunya ya!

PS: Special thanks untuk OpenTrolley yang sudah memberi kesempatan belanja dengan voucher.