Tags

, , , , , , , ,

Just So StoriesJudul: Just So Stories (Hanya Sekadar Cerita)

Penulis: Rudyard Kipling

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2011)

Pages: 160p

Beli di: Kompas Gramedia Fair 2013 (35k, disc 20%)

Usia kelayakan baca: 8 years old and up

Just So Stories berisi 12 kumpulan dongeng pendek karya Rudyard Kipling. Kipling merupakan legenda di dunia sastra, dan sebelum ini aku baru satu kali membaca karyanya, Selected Stories, yang ternyata cukup susah diikuti dalam bahasa Inggris kuno. Namun Just So Stories diterjemahkan begitu baik oleh Maggie Tiojakin, sehingga mudah dimengerti dan menarik dibacakan untuk anak-anak sekalipun.

Kebanyakan kisahnya adalah mengenai binatang dan asal-usul ciri khas mereka. Juga hubungan antara manusia dan binatang, di mana manusia selalu digambarkan dengan superior, dan secara tak langsung merupakan kritik bagi sifat manusia tersebut. Imajinasi Kipling bermain dengan bebasnya, sehingga beberapa ceritanya terasa sangat meyakinkan dan diam-diam membuatku berpikir, jangan-jangan memang seperti itu asal mulanya? Beberapa favoritku di antaranya adalah “Kenapa Paus Tidak Bisa Memakan Manusia”, “Dari Mana Macan Mendapat Tutulnya”, dan “Asal-Muasal Armadilo”. Semuanya disampaikan dengan cerdik, penuh imajinasi dan disisipi bumbu-bumbu humor.

Sedangkan di “Kepiting dan Lautan Luas”, Kipling menyinggung asal mula terjadinya dunia dan peran makhluk hidup di dalamnya. Di sini Kipling menyebutkan nama-nama pulau seperti Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Menakjubkan, mengingat kisah-kisah buku ini ditulis lebih dari 100 tahun lalu. Beberapa kisah dalam buku ini memang agak terlalu absurd dan sedikit dipaksakan, namun keseluruhan masih tetap menggelitik.

Satu lagi yang patut dicermati dari buku ini adalah ilustrasi versi baru dari Staven Andersen (termasuk cover yang luar biasa keren), yang berusaha membuat ulang ilustrasi berdasarkan kisah-kisah Kipling. Dalam buku aslinya, Kipling membuat sendiri seluruh ilustrasi yang ada. Staven juga yang membuat ilustrasi cover buku-buku Agatha Christie versi baru terbitan GPU.

Posting ini diikutsertakan dalam Fun Year Event with Children’s Literature yang dihost oleh Bacaan Bzee, untuk kategori Short Stories.

Come join the event!

Come join the event!