Tags

, , , , , , ,

I loove the cover!

I loove the cover!

Judul: A Corner of the Universe

Penulis: Ann M Martin

Penerbit: Scholastic (2004)

Pages: 189p

Beli di: Better World Books 

Usia kelayakan baca: 11 y.o and up

Di sebuah kota kecil bernama Millerton, Hattie Owen tinggal bersama ayah dan ibunya yang mengelola boarding house, semacam rumah kos-kosan. Hattie yang pemalu hanya memiliki satu teman, Betsy, yang setiap musim panas berlibur ke luar kota dengan keluarganya, sehingga Hattie harus mencari kesibukan sendiri saat musim panas.

Biasanya Hattie sudah puas menghabiskan waktunya dengan penghuni rumahnya: Miss Hagerty, wanita tua yang bijaksana, Mr. Penny, pensiunan pembuat jam, serta Angel Valentine, gadis cantik penghuni baru kos-kosan mereka. Namun musim panas ini berbeda karena ada beberapa hal terjadi sekaligus: kedatangan Adam, paman yang selama ini tidak pernah muncul dalam hidup Hattie, serta kehadiran carnival besar di Millerton.

Adam memiliki kelainan syaraf, seperti autistik atau schizophrenic, yang pada tahun 60-an (setting cerita ini) belum banyak diketahui perawatannya. Hattie belajar banyak dari Adam, termasuk berusaha keluar dari cangkang kehidupannya yang selalu nyaman selama ini. Namun sebuah tragedi benar-benar mengubah hidup Hattie yang selama ini aman tenteram.

Ann.M.Martin bukan nama baru di dunia buku anak, jaminannya sudah terlihat dari sekian puluh seri Babysitters Club-nya. Buku ini memiliki premis menjanjikan (apalagi dengan embel-embel Newbery Honor!), dengan setting kota kecil tahun 60-an yang menarik dan bersuasana tenang. Karakter Hattie yang pemalu dan Adam yang meledak-ledak juga digambarkan dengan cukup baik.

Tapi mungkin karena kisahnya juga terlalu pendek, banyak adegan yang terlalu singkat dan terjadi dengan tiba-tiba, seperti dipampatkan karena keterbatasan waktu atau tempat. Entah karena audiencenya memang untuk middle graders atau karena cerita ini dimaksudkan sebagai satu kisah yang cukup pendek, yang pasti ada unfinished feeling tentang buku ini, sehingga aku berharap masih ada lembar-lembar tambahan utk memuaskan craving ini. I wish Ann M Martin would write more and more books like this one.

 

Trivia:

Di tahun 1960-an, autism dan schizophrenia merupakan dua jenis penyakit yang dianggap saling berhubungan karena memiliki symptoms yang mirip. Setelahnya, barulah para ilmuwan memisahkan autism ke dalam kasus tersendiri. Hal ini juga yang terjadi dalam buku A Corner of the Universe, di mana Adam dimasukkan ke sekolah khusus anak-anak yang mentalnya terbelakang, karena belum ada treatment khusus bagi anak-anak dengan sindrom autism.

 

Posting ini diikutsertakan dalam FYE with Children’s Literature yang dihost oleh Bacaan Bzee, untuk kategori Awards Winner.

 

Come join the event!

Come join the event!