Tags

, , , , , , ,

klikJudul: Klik!

Penulis: Eoin Colfer, Linda Sue Park, Ruth Ozeki, Nick Hornby, Tim Wynne-Jones, David Almond, Gregory Maguire, Deborah Ellis, Margo Lanagan, Roddy Doyle

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2012)

Pages: 228p

Gift from: Mbak Maria (@HobbyBuku)

Usia Kelayakan Baca: 12 y.o. and up

Ketika sepuluh orang penulis fantasi dan kontemporer berkumpul untuk membuat satu kisah yang terdiri dari sepuluh bab, maka yang terjadi adalah labirin misteri yang akan membawa kita ke arah yang tak terduga.

Kisah diawali dengan Maggie dan Jason yang baru saja kehilangan kakek mereka Gee, seorang fotografer hebat yang sudah berkeliling dunia. Gee mewariskan sekotak kerang untuk Maggie, serta setumpuk foto dan kamera untuk Jason. Namun warisan tersebut ternyata memiliki makna lebih dalam daripada sekadar kenang-kenangan. Kakek Gee ingin memperlihatkan dunia kepada Maggie dan Jason, membawa mereka keluar dari cangkang kehidupan yang nyaman, dan mencoba mencari jati diri masing-masing.

Sementara itu kisah bergulir mengajak kita bertemu dengan orang-orang yang kehidupannya telah disentuh oleh Gee di masa lalu, dan memiliki kaitan dengan kerang maupun foto-foto warisan Gee. Dari sanalah misteri kehidupan Gee mulai terungkap, membawa Maggie dan Jason ke dalam perjalanan panjang menyusuri masa lalu dan masa depan.

Yang menarik dari buku ini adalah bagaimana sepuluh orang penulis dapat merangkai sepuluh kisah menjadi satu kesatuan utuh. Layaknya puzzle, tiap penulis memiliki satu keping jigsaw yang harus cocok dengan kepingan lainnya. Setiap bab dibawakan dengan gaya dan ciri khas masing-masing, memberikan warna tersendiri yang akan menyatu dengan keseluruhan cerita.

Ruth Ozeki misalnya, menulis bab “Jiro” dengan latar belakang perang di Jepang yang sangat kental emosinya. Sedangkan Roddy Doyle, penulis yang berasal dari Irlandia, bercerita dalam bab “Vincent” dengan gaya khas Irlandianya yang konyol dan super kocak.

Favoritku adalah bab “Lev” yang ditulis oleh Deborah Ellis. Setting penjara di Rusia beserta penghuninya yang unik dibuat lucu namun tragis, menjadikan Lev salah satu tokoh favoritku dalam buku ini. Bab lainnya yang juga menarik adalah tulisan Nick Hornby tentang Maggie dan perjalanannya ke Perancis untuk menyelidiki masa lalu Gee. Ditulis dengan lancar mengalir khas Nick Hornby, ini adalah salah satu bab paling realistis di tengah sekumpulan kisah fantastis dalam buku ini.

Yang sedikit mengganjal buatku adalah ke mana ending buku ini dibawa oleh para penulis. Memang sebagian besar dari mereka adalah penulis genre fantasi, tapi awal kisah yang begitu realistis membuatku berharap tidak terlalu banyak unsur fantasi yang dimasukkan disini. Namun justru ke sanalah kisah dibawa, dengan bab terakhir bersetting dimasa depan yang futuristik dan dilengkapi oleh bumbu science fiction. Mungkin kunci dari menikmati buku semacam ini adalah jangan menebak dan jangan berharap. Ikuti saja alurnya, dan bersiap untuk dibawa ke dunia yang berbeda.

Trivia:

Setiap penulis dalam buku ini mengambil sudut pandang berbeda, dan masing-masing memiliki ide yang berbeda pula dalam melanjutkan kisah ini dan menulis babnya. Berikut beberapa detail yang memicu ide mereka (sumber dari sini):

Linda Sue Park: karakter Gee ternyata terinspirasi dari seseorang yang dikenalnya, mentor sekaligus sahabatnya yang bernama Dwight “D” Follet.

Eoin Colfer mengambil sudut pandang Jason dan menciptakan karakter anak lelaki tersebut berdasarkan satu kalimat yang Jason ucapkan di bab Linda Sue Park, yaitu “Yeah, Yeah”

Tim Wynne-Jones sangat gembira sekaligus tak percaya saat tahu kalau ia akan share menulis di buku yang sama dengan “the Nick Hornby”. Tapi karakter yang membuatnya penasaran justru Jason versi Eooin Colfer.

Gregory Maguire adalah penulis yang harus merangkum kesembilan cerita sebelumnya dalam bab pamungkas. Ia mengaku ini merupakan tantangan luar biasa karena kesembilan cerita yang ada begitu berwarna. Akhirnya, ia memadukan berbagai karakter dan background cerita, termasuk setting masa depan dan dunia paralel, menjadi bab akhir yang memukau.

posting ini juga diikutsertakan dalam Fun Year Event with Children’s Literature yang di-host oleh Bacaan Bzee, kategori misteri

Come join the event!

Come join the event!

Advertisements