Tags

character-thursdayYeay, Character Thursday pertama di tahun 2013 =) Kangen sekali dengan meme yang dihost oleh Mbak Fanda ini. Kebetulan kemarin baru rampung baca buku ke-4 serial Flavia de Luce dan mendadak kepingin membahas karakter detektif cilik yang tengil ini. Here we go!

Are they protagonist or antagonist?

Protagonis yang merupakan sentral cerita, karena buku ini menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu Flavia sendiri.

Who are they? What was their role in the book?

Flavia de Luce adalah anak bungsu keluarga de Luce yang bermukim di Buckshaw, rumah tua besar yang terletak di daerah pedesaan Inggris. Flavia yang berusia 11 tahun hidup bersama ayahnya (yang sangat pemurung sepeninggal ibu mereka), serta kedua kakak perempuannya yang sering bersikap iseng menjurus kejam padanya. Tumbuh tanpa ibu, Flavia malah jatuh cinta pada dunia kimia, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di laboratorium tua warisan pamannya di rumah tersebut. Kegemarannya pada dunia kimia ditambah kecerdasannya juga merembet pada peran Flavia ikut memecahkan berbagai misteri pembunuhan di desa mereka.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Flavia adalah anak yang sangat cerdas, kadang terlalu kepingin tahu (dan juga menjurus sok tahu! Haha), namun sebenarnya sedikit mengibakan karena tumbuh tanpa kasih sayang ibu, sementara ayahnya terlalu sibuk sendiri berkabung (meski sang istri meninggal sudah 10 tahun yang lalu), dan kakak-kakaknya yang sudah remaja selalu menyepelekannya. Flavia tumbuh menjadi anak yang sangat mandiri, dan kadang di sela sifatnya yang masih kekanakan, timbul sikap dewasa yang belum pada waktunya.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength: smart, independent, witty, always has bright ideas and really creative, Those are our Flavia’s strengths.

Weakness: terlalu ingin tahu sehingga menjurus kepo, kadang masih kekanak-kanakan, dan sangat pendendam (terbukti dari berbagai rencana liciknya membalas kelakuan kakak-kakaknya, hahaha)

How do they develop throughout the book?

Terakhir aku membaca buku ke-4 Flavia (dari total rencana 6 buah buku yang akan diterbitkan). Flavia semakin dewasa, terutama menghadapi kakak-kakaknya dan kenyataan bahwa ia tidak pernah mengenal ibunya. Flavia juga merupakan orang yang sangat diandalkan oleh Dogger, sahabat lama ayahnya yang bekerja di rumah mereka dan kadang-kadang mengalami gangguan mental akibat trauma perang di masa lalu. Adegan Flavia yang berusaha menenangkan Dogger selalu membuatku terharu karena memperlihatkan sisi lain Flavia.

What makes you love/hate them?

Yang sangat kusukai adalah kecerdasan dan ke-witty-an Flavia, yang selalu mempunyai ide-ide segar dan tak pernah membosankan. Tapi yang agak menyebalkan tentu kekepoannya yang kadang membuatku bersyukur tidak punya adik seperti Flavia =)

What lessons or influences you got from them?

Usia muda tidak selalu menjadi ukuran, karena Flavia malah membuktikan kalau di tengah orang-orang yang meremehkannya, ia bisa tampil menjadi underdog, berhasil memecahkan kasus yang membingungkan orang dewasa sekalipun. Flavia juga sangat mandiri dan mengetahui apa yang ia inginkan meski usianya masih terbilang muda.

Siapa yang cocok memerankan Flavia?

Siapa yang cocok memerankan Flavia?

 

Buku-buku Flavia de Luce karangan Alan Bradley rencananya akan diadaptasi ke serial televisi, dan siapa pemeran Flavia masih menjadi misteri. Beberapa fans menyarankan Maisie Williams, yang menurutku cukup cocok memerankan detektif cilik sok tahu yang cerdas ini =)

Maisie Williams sepertinya cukup cocok

Maisie Williams sepertinya cukup cocok