Tags

, , , , , , , , ,

ring solomonJudul: The Ring of Solomon

Penulis: Jonathan Stroud

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2012)

Pages: 528p

Gift from Secret Santa =)

Usia kelayakan baca: 10 y.o and up

Bartimaeus is back! Jin super kocak yang sarkastik namun baik hati ini terlibat dalam salah satu petualangan terbesar di Jerusalem. Karena suatu insiden, Barty terpaksa mengabdi pada Raja Solomon, penguasa Jerusalem (lebih seperti diktator) yang terkenal karena memiliki cincin ajaib. Cincin yang mengantarkan Solomon ke kekuasaan tertinggi ini menjadi incaran banyak pihak, termasuk para penyihir kerajaan serta penguasa daerah lain. Namun karena cincin tersebut sangat sakti, hingga kini kekuasaan Solomon masih tak tergoyahkan.

Suatu hari, seorang utusan dari Sheba datang untuk tujuan yang nekat, perintah dari ratunya: membunuh Solomon dan mengambil cincinnya. Namun gadis bernama Asmira itu tidak memperhitungkan Barty. Apakah Barty akan melawannya.. Atau malah membantunya?

What I like:

– Alur petualangan seru yang masih saja menyenangkan untuk diikuti, seperti tiga buku Barty sebelumnya.

– Kejutan dan twist disana-sini.. Kita nggak pernah tahu kapan Barty akan serius atau bercand, dan harus siap untuk ikut tertipu jin cerdik ini.

-Sifat Barty yang masih sama: humor-humor kocak namun sarkastis yang dilontarkannya, kecerdikannya yang bisa mengalahkan marid (tingkatan jin yang lebih tinggi) sekalipun, dan hatinya yang sebenarnya baik (meski Barty enggan mengakui hal ini), sangat berbeda dengan makhluk sejenis (yang biasanya tidak peduli dengan manusia).

-Gaya tulisan Jonathan Stroud yang mengalir lancar, dan berhasil diterjemahkan dengan baik. Mudah-mudahan masih ada petualangan Barty berikutnya, ya.

-Covernya bagus! Pilihan warnanya pas, menggambarkan nuansa padang pasir yang menjadi setting cerita.

What I don’t really like:

-Typo yang bertebaran di mana2, huhu..mungkin karena buru2 mengejar tanggal rilis? Mudah-mudahan bisa direvisi di edisi selanjutnya..

-Stroud menggunakan beberapa sudut pandang (seperti ciri khasnya). Yang paling menyenangkan tentu sudut padang Barty, tapi saat Asmira yang menjadi tokoh sentral, rasanya kurang greget dan sulit bersimpati dengannya.

All in all, a very recommended book for fantasy lovers, especially fans of Bartimaeus! Let’s wait for his next adventures =)

Thanks to my Secret Santa for giving me this lovely book. But the next question will be:

Who is my Secret Santa?

Seperti sudah disinggung di postingan tentang riddle sebelumnya, aku cukup curiga bahwa Secret Santa (SS)-ku adalah perempuan (hint:tulisan yang rapi, pilihan kartu natal yang imut). Tapi riddlenya sendiri sempet bikin aku pusing tujuh keliling. Mari kita telaah:

The Riddle! Singkat tapi padat euy.

The Riddle! Singkat tapi padat euy.

Clue number 1:

Buku yang Aneh, itu awalnya. Nah lho, apa itu buku yang Aneh? Dan kenapa kata “Aneh” harus diawali dengan huruf besar? Sengaja atau tidak? Pikiranku sempat melayang pada buku Wuthering Heights yang menjadi buku pertama yang dibaca bareng BBI. Buku itu termasuk kategori aneh. Apa SS-ku anak yang bergabung di awal terbentuknya BBI? Tapi kok terasa kurang pas ya? Apalagi aku memang nggak ikutan baca bareng pertama itu, karena sudah pernah review Wuthering Heights sebelumnya. Lalu aku mulai pikir-pikir lagi..apa kata lain aneh? Weird? Strange? Heiii…. tunggu dulu. Bagaimana dengan Strange? Jonathan Strange? Aku kenalan dengan salah satu anggota BBI (sebelum BBI terbentuk) karena membeli buku itu darinya. Ok, that’s an option.

Mari beralih ke Clue number 2:

Di kotak kecil, kita pernah bersama. Argh tambah susah! Kotak kecil tuh apa? Stand BBI waktu di acara IRF? Kok kayaknya kurang pas. Setelah pikir-pikir lagi..Voila, kopdarku yang pertama dengan sang penjual buku Jonathan Strange adalah di Chater Box, sebuah restoran di Plaza Senayan. Apakah kebetulan, atau memang clue yang dimaksud? Penasaran, aku ulik-ulik blog si “kandidat santa”, mencoba cari petunjuk, dan terdampar di blog pribadinya. Di salah satu posting, kebetulan ada contoh tulisan tangannya, yang pas dicocokin, kok mirip dengan tulisan di kartu Santa untukku?

Maka tanpa babibu lagi, aku memutuskan kalau SS-ku adalah Ferina, blogger buku yang sudah aktif jauh sebelum BBI terbentuk, yang pertama kukenal karena membeli koleksi buku-bukunya yang super keren, dan akhirnya berhasil bertemu untuk pertama kali tahun lalu di Chater Box. Benar atau tdknya tebakan ini, kita tunggu saja pengakuan sang Secret Santa🙂

Yang jelas, whoever my Secret Santa is, I would like to say a big thanks to her/him, for a wonderful book, a fun riddle, and a very great time I have since I joined BBI.Cheers!

ps: also, a huge thanks to Oky and Ndari for arranging this event =)

pps: review ini sekalian diikutsertakan dalam FYE with Children’s Literature yang di-host oleh Bzee. (kategori Award Winner: The French Prix Millepages 2011 & Shortlisted for Costa Book Award 2010)

Come join the event!

Come join the event!