Tags

, , , , , , ,

gone girlJudul: Gone Girl

Penulis: Gillian Flynn

Penerbit: Crown (2012)

Pages: 560p

Borrowed from: Erlangga

Apa yang terjadi jika sebuah pernikahan terasa sangat salah? Pilihannya hanya ada dua: membuatnya semakin buruk, atau semakin baik. Sayangnya, pilihan pertamalah yang diambil oleh pasangan suami istri Nick dan Amy. Di hari ulang tahun pernikahan mereka yang kelima, Amy menghilang dengan misterius. Yang ditemukan hanyalah bekas-bekas pergumulan di rumah mereka di Carthage, Missouri, serta petunjuk-petunjuk “treasure hunt”, game yang diciptakan Amy dan menjadi tradisi pasangan ini setiap merayakan anniversary.

Semua petunjuk hilangnya Amy mengarah pada Nick, terutama fakta-fakta bahwa ia meminjam uang Amy untuk membuka bar bersama saudara kembarnya Margo, juga fakta yang terkuak belakangan tentang ketidaksetiaannya. Sementara itu, kita juga disuguhkan oleh penuturan Amy melalui tulisan di diarynya. Amy yang tidak bahagia sejak mereka pindah dari New York kembali ke Missouri, kampung halaman Nick, untuk merawat orangtuanya yang sakit. Amy yang menginginkan bayi namun tidak pernah mendapatkannya. Amy yang bersedih karena sikap Nick yang semakin menjauh, dan menghadapi perubahan drastis dalam hidup rumah tangga mereka. Namun, seberapa jauh tulisan itu mengungkapkan kebenaran?

Sementara itu kehidupan Nick juga semakin terkuak, masa lalunya yang suram dengan Ayahnya, hubungan dekatnya dengan Margo, dan kelemahan-kelemahan yang mungkin menjadi penyebab hancurnya rumah tangganya dengan Amy – namun apakah itu merupakan alasan untuk membunuh Amy?

Gone Girl adalah jenis buku yang memaksa kita untuk terus membuka halamannya dan tidak berhenti sebelum kisahnya selesai. Bersiaplah untuk bertemu dengan berbagai twist yang dapat mengubah perasaan kita dalam satu detik. Baru saja bersimpati pada kisah Amy dan membenci Nick setengah mati, tiba-tiba muncul sebuah twist yang membuat kita berubah dalam sekejap dan merasa cukup kasihan pada Nick. Siapa yang berbohong dan kisah mana yang bisa dipercaya?

Gillian Flynn dengan cerdiknya mampu membuat karakter-karakternya terlihat lovable dalam satu saat, dan berubah menjadi setengah gila di saat yang lain. Tidak ada yang bisa dipercaya dalam buku ini – bahkan endingnya pun membuat geleng-geleng kepala. Kalau orang bilang “there are two sides for every story”, maka buku ini membuktikan kalau dua sisi cerita saja belum cukup untuk menemukan kebenaran. Setting kota kecil di Missouri dengan segala keantikan penduduknya juga menambah suasana suram dan misterius buku ini.

Gone girl adalah sebuah kisah gelap yang menyajikan sisi lain dari percintaan (dan hubungan pernikahan) – seberapa jauh kita akan berusaha mempertahankan orang yang kita cintai, dan betapa tipisnya batas antara benci dan cinta.

 

gillian-flynnGillian Flynn lahir di Kansas City, Missouri. Ia mendapat gelar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja sebagai penulis di Entertainment Weekly di New York City. Gone Girl adalah novel ketiganya setelah Sharp Objects dan Dark Places (kedua novel ini telah dibeli hak ciptanya untuk diadaptasi ke dalam film. I bet Gone Girl will be too, soon!). Kini Gillian tinggal di Chicago bersama suami, anak, dan kucingnya.