Tags

, , ,

hotter-potter-logo-1

Tahun 2013 tampaknya akan semakin menyenangkan karena ada event Hotter Potter yang dihost oleh Melisa. Selain read a long buku-buku Harry Potter, setiap bulannya juga ada meme yang serba seru, dengan hadiah yang nggak kalah seru (Books to Share juga akan jadi sponsor di salah satu meme lho!).

Untuk bulan Januari ini, pertanyaannya adalah:

“Jika kamu menjadi salah satu guru di Hogwarts, kamu ingin menjadi siapa? Alasannya?”

Ihhhh susah deh pertanyaannya. Bukan karena nggak ada guru yang menarik, tapi justru karena semua guru memiliki keunikan masing-masing yang sama-sama menarik. Akhirnya, setelah menimbang dan merenung, aku memilih guru paling favoritku sepanjang sejarah Hogwarts:

Profesor Remus Lupin

Guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam yang (sayangnya) hanya mengajar satu tahun saja, ketika Harry duduk di kelas tiga. Pertahanan terhadap Ilmu Hitam adalah salah satu ilmu paling penting yang dipelajari Harry, terutama untuk mempersiapkan pertarungannya dengan Lord Voldemort di masa depan. Namun sayangnya, guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam tidak pernah ada yang benar. Ada yang malah anak buah Voldemort, ada yang narsis ala selebritis, ada yang kaki tangan kementerian sihir…

Untunglah, meski hanya sebentar, Harry sempat merasakan pelajaran Pertahanan terhadap Ilmu Hitam yang sesungguhnya bersama dengan Lupin. Lupin adalah tipikal guru yang sangat mencintai pekerjaannya, mempersiapkan pelajaran dengan serius dan berusaha membuat pelajaran di kelas menjadi semenarik mungkin.

Favoritku adalah pelajaran mengenai Boggart, di mana setiap anak diminta Lupin untuk mengatasi “mimpi terburuk” masing-masing yang dimunculkan oleh Boggart. Lupin bisa membuat Nevile menjadi lebih percaya diri, dan tidak pilih kasih pada Harry yang jelas-jelas adalah anak sahabatnya sendiri.

Lupin in his office

Lupin in his office

Lupin juga mempersiapkan salah satu ujian paling keren di Hogwart, memunculkan makhluk-makhluk semacam Grindylow dan Boggart. Dan dari Lupin juga Harry berlatih Patronus yang membantunya melawan Dementor.

Yang membuat Lupin keren adalah di balik kecintaannya mengajar dan dedikasinya sebagai guru, Lupin tidak pernah lupa akan masa mudanya di Hogwarts: salah satu pencetus Peta Perompak dan anggota geng nya James Potter yang populer.

Sayangnya, fakta bahwa Lupin merupakan manusia serigala (yang sebenarnya bukan merupakan masalah bagi Dumbledore) membuat Lupin akhirnya mengundurkan diri dari Hogwarts. Tapi jangan salah, perannya sangat penting dalam pertempuran di akhir kisah. He’s the coolest teacher ever at Hogwarts – probably only Dumbledore could beat him on that! But Dumbledore didn’t really teach when Harry in Hogwarts, sooo… too bad! =p

Not only me who thinks Lupin is a cool teacher =)

Not only me who thinks Lupin is a cool teacher =)