Tags

, ,

book-kaleidoscope-2012-buttonYaaak, sampailah kita pada edisi terakhir Book Kaleidoscope 2012 yang dihost oleh Mbak Fanda. Kategori ini yang paling “gong”, selain karena paling susah milihnya, juga karena bener-bener mewakili kesan tahun 2012 ini.

Tahun 2012 ini membawa banyak berkah buku bagus untukku. Ada yang memang buku lumayan baru, tapi banyak juga buku lama yang bikin aku bertanya-tanya “Ke mana aja ya aku, baru baca sekarang buku-buku ini?” =)

Daaaan….mengerucutkan pilihan menjadi hanya lima saja sungguh sebuah dilema. Tapi sepertinya lima buku berikut ini cukup mewakili perasaanku, tiga di antaranya bahkan kuhadiahi 5 bintang!

5. The Old Curiosity Shop (Charles Dickens)

old-curiosity-shop-dickens-charles-paperback-cover-artPerkenalan pertamaku dengan sang maestro klasik Charles Dickens membuahkan pengalaman yang manis. Berawal dari event yang diadakan oleh komunitas @bacaklasik, aku akhirnya memberanikan diri ikut dalam Bulan Dickens dengan membaca buku ini. Ternyata, dua minggu yang kuhabiskan beneran nggak sia-sia. Gaya bertutur Dickens yang lambat penuh detail, tema yang gelap namun diselipkan humor di sana-sini, semuanya membuatku penasaran ingin mencicipi karya Dickens yang lain. Perkembangan karakternya pun luar biasa dan sangat memorable. Tahun depan, rencananya aku ingin berpartisipasi di event Dickens lainnya =)

 

4. The Shadow of The Wind (Carlos Ruiz Zafon)

Paduan sempurna dari kisah misteri, gothic, romance, dengan latar belakang dunia buku The-Shadow-of-the-Wind-dan setting kota Barcelona. Karakternya menyenangkan, villainnya meyakinkan, dan Cemetery of Forgotten Books kayaknya tempat impianku kalau memang beneran ada deh…Alur ceritanya yang adalah “cerita di dalam cerita” bener-bener bikin penasaran sampe abis, ditambah banyak twist seru yang tak terduga. Untungnya buku ini masih ada prekuel dan sekuel, jadi tahun depan rencananya mau baca at least satu lagi buku Zafon. Mudah-mudahan ada sale! =)

 

 

3. The Hobbit (J.R.R Tolkien)

hobbit newPerjalanan mengikuti petualangan Bilbo Baggins merupakan salah satu pengalaman membaca paling menyenangkan tahun ini. Setelah mengenal Tolkien melalui film-filmnya, kini aku berkenalan langsung dengan salah satu bukunya, yang langsung memikat hatiku. The Hobbit membawaku ke dalam dunia Middle Earth yang penuh fantasi, ditingkahi action, humor, dan pelajaran moral yang sangat memorable. Satu lagi alasan kenapa buku ini sangat berkesan bagiku? Dia membawaku menjadi salah satu pemenang lomba review @GramediaFantasi! Huhuy =) Sekarang tinggal nonton filmnya deh!

 

 

2. Moon Over Manifest (Clare Vanderpool)

PDF Creation in Quark 7Buku-buku Newbery selalu memiliki tempat khusus dalam hatiku. Tak terkecuali yang satu ini, berhasil membuatku senyum-senyum, ketawa, sampai menangis sendirian =) Beberapa review dan artikel di internet tidak setuju dengan terpilihnya Moon Over Manifest sebagai pemenang Newbery tahun ini. Ada yang bilang terlalu slow, suram, kurang sesuai dengan anak-anak, etc. Tapi menurutku, this book deserves it. Pilihan setting Manifest, kota kecil di era depresi, benar-benar gloomy dan mampu menghadirkan suasana yang emosional. Well, semua berbalik pada selera, sih. Dan kebetulan saja, Moon Over Manifest berhasil memenangkan hatiku =)

 

1. The Help (Kathryn Stockett)

thehelp

Buku yang sangat hype, terlebih diadaptasi ke dalam film oleh Hollywood, biasanya jarang membuatku tertarik. Mungkin itu salah satu alasan aku terus menunda membaca buku ini. Untunglah akhirnya aku menyerah dan memutuskan membaca buku ini – salah satu keputusan terbaik di tahun 2012! The Help adalah kisah yang penuh isu penting, namun disampaikan dengan tidak pretensius, penuh drama tapi nggak dramatis, sedih dan lucu bercampur jadi satu, dengan karakter yang very very lovable. If you haven’t read this one, please do, I recommend it for everyone who loves a great read.

 

Note: persamaan dari kelima buku di atas adalah, semuanya ditulis oleh penulis yang karyanya belum pernah aku baca sebelumnya. So, it never hurts to try something new! =)