Tags

, , , , ,

TheGiftJudul: The Gift

Penulis: Cecelia Ahern

Penerbit: HarperCollinsPublisher (2009)

Pages: 305p

Swapped with: Mia

Lou Suffern adalah gambaran sempurna dari eksekutif muda masa kini: kantor yang mewah, janji meeting setiap detik, mobil sport keren, dan rumah besar di atas bukit pinggiran kota Dublin. Saking sibuknya bekerja dan mengejar promosi di kantor, Lou selalu menomorduakan hal-hal lain dalam hidupnya, termasuk keluarganya.

Ruth, istri Lou, serta kedua anak mereka, Lucy dan Pud, sudah biasa menghadapi kelakuan Lou yang menyebalkan: berangkat pagi, pulang larut malam dan selalu ingkar janji. Bahkan Lou pernah kedapatan selingkuh dengan nanny yang bekerja di rumah mereka, serta dengan sembrono mengacaukan pesta ulang tahun ayahnya yang ke-70.

Tampaknya Lou layak menyandang gelar the biggest bastard of the year, kalau saja tidak ada kemunculan Gabe dalam hidupnya menjelang hari Natal. Gabe adalah seorang gelandangan yang mangkal di depan gedung kantor Lou. Keputusan Lou untuk memberikan Gabe pekerjaan sebagai pengantar surat di kantornya membawa perubahan besar dalam hidupnya.

Kehadiran Gabe mengajarkan banyak hal pada Lou (meski kadang melalui cara-cara yang kurang menyenangkan), terutama tentang cinta, keluarga, hal-hal penting dalam hidup, serta berharganya waktu lebih dari segalanya.

Cecelia Ahern, penulis muda asal Irlandia yang sukses membawa P.S. I Love You menjadi best seller di seluruh dunia, kembali terjun dalam ranah yang sangat dikuasainya. Ia berhasil meramu kisah ala fairy tale dalam nuansa natal yang hangat. Membaca cerita Lou seolah membawa kita pada kisah-kisah klasik Natal seperti Christmas Carol. Meski menurutku beberapa bagian terasa terlalu preachy dan memiliki too much “Disney taste” (dan mengingatkanku akan cerita The Time Keeper yang baru-baru ini kubaca dan memiliki tema yang mirip), tapi secara keseluruhan The Gift merupakan bacaan yang bisa dilirik saat kita merindukan kisah berbalut setting Natal.(Plus, cover bukunya pun oh sangat cute!)

Merry Christmas and have a happy holidays!