Tags

, , , ,

beachHouseJudul: The Beach House

Penulis: James Patterson & Peter De Jonge

Penerbit: Warner Books, Inc (2003)

Pages: 372p

Rental di: ReadingWalk

Menilik daftar buku karya James Patterson yang ada di bagian depan novel ini, aku rasanya nggak percaya kalau belum ada satupun bukunya yang kubaca, dan The Beach House adalah pengalaman pertamaku mencicipi buku Patterson. Padahal jumlah karyanya termasuk banyak, termasuk serial Maximum Ride dan Women’s Murder Club yang sudah terkenal ke mana-mana.

Ternyata setelah membaca The Beach House, aku jadi menyesal juga kenapa nggak mencoba membaca buku-buku Patterson sejak dulu. Nuansa seru dan alurnya yang cepat sedikit mengingatkanku dengan buku-buku John Grisham, dan babnya yang pendek-pendek juga membuatku nggak ngantuk dan cepat menyelesaikan buku ini.

The Beach House berkisah tentang Jack Mullen, seorang mahasiswa sekolah hukum yang berusaha menyelidiki kematian misterius Peter, adiknya. Peter ditemukan meninggal di tepi pantai rumah peristirahatan keluarga Neubauer di Hamptons. Polisi setempat menyatakan kematian Peter karena kecelakaan tenggelam, tapi firasat Jack mengatakan kejadiannya lebih rumit dari itu, apalagi setelah ia mengetahui Peter meninggalkan uang cukup banyak di rekeningnya, padahal pekerjaannya hanyalah serabutan menjadi tukang parkir valet atau melayani pesta orang-orang kaya di Hamptons.

Ternyata, kegigihan Jack menyelidiki kematian Peter (yang dibantu kakeknya, Mack, serta temannya dari biro hukum, Pauline) membawa akibat-akibat kurang menyenangkan, termasuk teror dari orang-orang suruhan Neubauer termasuk para penegak hukum yang sudah menjadi kaki tangan orang-orang kaya di Hamptons. Selain unsur thriller dan misterinya, The Beach House juga menyelipkan plot hukum dengan mengedepankan pengadilan Amerika yang terkadang dibuat untuk menguntungkan orang-orang kaya dan berkuasa. Jack mewakili rakyat kebanyakan yang berada dalam posisi lemah dan berusaha mencari sendiri keadilannya.

Dengan cerdiknya Patterson (yang berkolaborasi dengan Peter De Jonge) membawa kita mengikuti naik-turunnya ketegangan yang terjadi di dalam buku, bersedih saat Jack berada di bawah tekanan para begundal, dan bersorak saat keadilan berhasil ditegakkan. Sedikit predictable dan tidak secanggih plot buku-buku Grisham dengan teori konspirasinya yang heboh, Beach House merupakan bacaan ringan-mengalir dan menghibur yang sesuai untuk siapapun yang menyukai buku-buku seru!

 

jamespatterson2James Patterson adalah penulis best-seller yang sudah menjual buku lebih banyak daripada penulis manapun dalam 3 tahun terakhir. Patterson adalah penulis pertama yang memiliki judul buku di peringkat nomor 1 dalam daftar best-seller The New York Times edisi buku dewasa dan anak-anak di waktu bersamaan. Patterson juga telah menelurkan 19 novel yang berturut-turut berada di daftar nomer 1 New York Times Bestseller, dan memegang rekor penulis dengan judul terbanyak yang berada di peringkat satu daftar tersebut (total 76 buku!). Patterson sering berkolaborasi dengan penulis lain karena dianggapnya memberi kesegaran baru di setiap karyanya. (Sumber dari sini)