Tags

character-thursdayHola! Ketemu lagi sama hari Kamis…dan kangen berat sama Character Thursday yang di-host oleh Mbak Fanda. Kamis ini aku ingin mengangkat karakter salah satu tokoh dari buku yang sedang kubaca: Mr. Bilbo Baggins dari The Hobbit. Dulu sebenarnya sudah pernah baca buku ini, tapi berhubung filmnya baru akan keluar, aku memutuskan untuk baca ulang (dengan cover versi baru!) dan siap untuk berkenalan lebih dalam dari sang tokoh sentral, Mr. Baggins =)

Are they protagonist or antagonist?

Pastinya protagonis donk, apalagi buku ini bercerita tentang perjalanan Bilbo Baggins =)

Who are they? What was their role in the book?

Bilbo adalah hobbit yang sebenarnya senang hidup tenang di liangnya yang menyenangkan. Namun suatu hari, akibat akal Gandalf, Bilbo tertantang dan akhirnya terjebak dalam petualangan besar bersama para Kurcaci untuk merebut kembali harta mereka yang telah dikuasai oleh Smaug, naga tua berbahaya yang tinggal di Gunung Sunyi. Melalui perjalanan ini Bilbo menemukan kualitas dirinya yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Bilbo itu adalah hobbit yang suka cari aman, tapi sebenarnya menyimpan karakter kuat dalam dirinya: setia kawan, pemberani, banyak akal, dan suka menolong. Meski ia sering menyesal karena terjebak dalam petualangan ini, Bilbo sebenarnya memperoleh harta paling berharga: mengatasi ketakutannya sendiri.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength: akal bulusnya dan keberanian yang suka tiba-tiba muncul dan menyelamatkan kawan-kawannya dari kesulitan. Ditingkahi oleh kelakuannya yang polos, Bilbo adalah contoh sempurna dari seorang underdog yang bisa menjadi pahlawan.

Weakness: ketakutannya akan petualangan dan perubahan, seringkali menghambat Bilbo. Apalagi karena seumur hidupnya ia hidup nyaman dan enak di dalam liangnya. Untunglah Gandalf muncul dan menariknya ke dunia luas yang serba baru.

How do they develop throughout the book?

Dari seorang hobbit penakut dan cari aman, menjadi “pencuri” dan pahlawan yang dikagumi semua orang, Bilbo benar-benar bertransformasi drastis sepanjang petualangan ini.

What makes you love/hate them?

Yang sangat aku sukai adalah kepolosan Bilbo (meski kejujurannya juga sempat diuji di berbagai kejadian), dan kelakuannya yang suka naif tapi ternyata membawa berkah =) Aku juga suka kalimat-kalimat lucu Bilbo yang (katanya) diadaptasi menjadi peribahasa, seperti “Jangan ganggu naga yang sedang tidur” atau “Keluar dari gua goblin, masuk ke sarang serigala” =)

What lessons or influences you got from them?

Ketakutan terbesar dalam hidup kita adalah rasa takut itu sendiri, jangan mau dikalahkan. Siapa tau, banyak kualitas hidup yang tidak pernah kita tahu ternyata ada dalam diri kita!

The Hobbit sudah difilmkan dan dirilis bulan Desember ini. Dari cast yang ada, sepertinya semua sesuai dengan karakter dalam buku, termasuk Bilbo yang diperankan oleh Martin Freeman. Tak heran, sutradaranya adalah si jenius Peter Jackson yang sudah berpengalaman mengadaptasi ketiga jilid The Lord of The Rings menjadi film-film yang sukses besar!

Pengen cepetan nontoooon =)

Pengen cepetan nontoooon =)