Tags

, , , , , , ,

Judul : LeeRaven, Boy Thief

Penulis: Zizou Corder

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2011)

Halaman: 296p

Beli di: Pesta Novel Gramedia (IDR 48k, disc 20%)

Lee Raven: anak lelaki yang divonis disleksia, lari dari rumah karena dibenci oleh ayahnya yang menganggapnya bodoh dan tak berguna. Lee bertahan hidup dengan mencopet, dan suatu hari tanpa sengaja ia mencuri buku ajaib yang bisa menceritakannya kisah-kisah fantastis meski ia tak bisa membaca.

Mr.Maggs: penjual dan ahli buku antik, suatu malam dititipi buku misterius yang bisa berubah menjadi buku apapun yang diinginkan oleh pembacanya. Ketenangan Mr. Maggs goyah saat buku tersebut hilang, dicuri oleh pencopet cilik yang memasuki rumahnya.

Janaki: anak perempuan asisten Mr.Maggs, sudah dianggap seperti anak kandung sendiri. Cerdas dan tangkas, Janaki bertekad akan mencari buku ajaib hingga ketemu- bahkan bila itu berarti ia harus menghadapi Lee Raven!

Nigella Lurch: penulis wanita dengan masa lalu misterius, memiliki obsesi akut terhadap buku ajaib dan menghalalkan segala cara untuk memilikinya.

Buku Nebo: buku ajaib dengan sejarah ribuan tahun, bisa menjadi buku apapun yang diinginkan oleh pembacanya. Namun sepanjang hidupnya, baru sekali ia berhadapan dengan seorang pembaca yang buta huruf, dan jatuh sayang pada anak tersebut.

Bersetting di London tahun 2046, Lee Raven -Boy Thief adalah kisah menarik tentang sebuah buku ajaib, dan bagaimana semua orang menginginkan buku tersebut dengan tujuan berbeda-beda. Entah mengapa, mungkin karena memang aku membaca buku ini di saat yang tepat, dengan mood yang tepat pula, yang jelas aku sangat menikmati buku ini.

Plotnya cukup segar dan mengalir lancar (meski beberapa review malah menganggapnya datar dan membosankan, hehehe). Karakternya juga terasa pas, Lee yang bandel namun berubah menjadi pahlawan (meski masih suka terlihat menyebalkan), Janaki yang cukup oke sebagai sidekicik, dan tokoh antagonis yang jahat namun tetap kocak. Khas cerita anak-anak banget deh, tapi ditambah bumbu seru seperti pembunuhan dan teka-teki. A very recommended light reading indeed!

Zizou Corder is Louisa Young and Isabel Adomakoh Young, whose names are too long to fit on the front of a book.
Louisa is a grown-up and has written five grown-up books; Isabel is a kid and has written mostly schoolwork.
The original Zizou is Isabel’s lizard, only he spells it Zizu. They Have written five books together: the highly acclaimed Lionboy trilogy, Lee Raven Boy Thief and Halo.
They live in London. Only one goes to school.