Tags

Wowww…udah lama banget nggak ikutan Character Thursday, jadi kangen deh =) Maafkan ya Mbak Fanda, akhir-akhir ini utang review kok menumpuk banget, plus susah cari waktu blogging di kantor (oops).

Anyway, masuk ke edisi ke-20 Character Thursday, mau membahas yang ringan-ringan dulu deh, yaitu tokoh sentral dari buku petualangan fantasi yang baru selesai kubaca, Lee Raven- Boy Thief (Zizou Corder). Here we go!

 

Are they protagonist or antagonist?

Lee Raven adalah tokoh protagonis novel ini, meski latar belakangnya sebagai pencuri cilik sempat diasosiasikan dengan antagonis =)

Who are they? What was their role in the book?

Lee Raven adalah anak laki-laki yang tinggal di London (tahun 2046), berprofesi sebagai pencopet cilik akibat kabur dari rumahnya. Lee sebenarnya cerdas, namun ketidakmampuannya membaca (alias menderita disleksia) menyebabkan ia tidak sukses di sekolah, dan ayahnya selalu melampiaskan kemarahan padanya. Latar belakang keluarga yang menyerempet kriminal juga tidak membantunya untuk bisa beralih profesi. Hidup Lee berubah saat iya menemukan Buku Nebo, buku ajaib yang dapat menyampaikan kisah-kisah seru padanya meski ia tidak dapat membaca.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Awalnya Lee terlihat penuh kemarahan, minder karena tidak bisa membaca dan sebal dengan keluarganya yang selalu mengolok-oloknya. Namun setelah bertemu Buku Nebo, Lee mengeluarkan sifat-sifat terbaiknya. Setia kawan, berani dan tangguh, adalah sifat-sifat Lee yang terpendam dalam dirinya dan akhirnya berhasil mengubah hidupnya.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strengths: setia kawan, berusaha menepati janji (untuk melindungi buku Nebo!) dan berani.

Weaknesses: karena banyak pengalaman buruk, cenderung nggak percaya dan berpikiran negatif tentang orang lain. Minder karena tidak bisa membaca. Tapi syukurlah karena buku Nebo ia bisa berubah.

How do they develop throughout the book?

Dari pencopet cilik yang berkeliaran di jalanan, Lee berubah jadi pahlawan akibat bertemu Buku Nebo, buku yang membawa kebaikan dalam hidupnya. Dengan segala daya upaya ia berusaha melindungi buku Nebo dari kejaran pihak-pihak serakah yang mengerikan.

What makes you love/hate them?

Lee, meski kadang kasar, berpikiran negatif dan suka kurang ajar, ternyata menyimpan hati tulus yang mau membuat Buku Nebo berbicara padanya, keberanian dan kesetiakawanan yang kuat. Wish I could have a friend like him!

What lessons or influences you got from them?

Apapun kelemahan kita, selalu ada kelebihan yang bisa mengatasinya. Meski nggak bisa membaca, ternyata buku Nebo lah yang mengubah hidup Lee. Jangan menutup diri terhadap kelemahan kita =)

Meski belum ada rencana difilmkan, aku membayangkan Asa Butterfield yang bermain di Hugo sebagai Lee. Meski Lee digambarkan berambut pirang, tapi keseluruhan wajah Asa cocok sebagai Lee, juga British-British nya =)

terlalu imut ya! =D

Advertisements