Tags

,

Sekitar pertengahan 2011, blog perpuskecil ini sering mendapat kunjungan dari sesama pemilik blog buku yang namanya hanya saya kenal di dunia maya (Halo Mia, Ana, Ferina dan Annisa!). Secara nggak sengaja, saya bertemu dengan sebagian dari mereka di Twitter. Ternyata mereka sangat aktif di Twitter, dan akhirnya saya malah berkenalan dengan banyak nama lain yang sudah berkecimpung di dunia blog buku sejak lama (Termasuk Bapak Suhu yang satu ini).

Sampai suatu hari, akibat ngobrol-ngobrol di Twitter itu, saya mendapat ajakan untuk bergabung di grup Facebook para blogger buku ini, yang menamai grupnya Blogger Buku Indonesia (disingkat BBI, dan lama-lama diplesetkan jadi Bebi). Timingnya nggak mungkin lebih tepat lagi, karena waktu itu saya bener-bener lagi stress di kantor, ditinggal soul mate yang selama ini udah kerja rodi sama-sama, dan harus mengerjakan semuanya sendirian. Who knows? Teman-teman baru di dunia maya ini ternyata malah bisa membuat saya semangat lagi menghadapi hari-hari suram di kantor.

Pengalaman pertama adalah baca bareng The Count of Monte Cristo yang super tebal dan panjang, buku yang mungkin nggak akan saya lirik kalau nggak karena event baca bareng BBI ini. Dan guess what? Saya jadi ketagihan banget baca bareng BBI, dan nggak pernah absen ikutan baca bareng setiap bulannya, bahkan untuk buku-buku yang sebenarnya bukan ranah saya (seperti baca bareng buku bertema tokoh perjuangan Indonesia, atau bergalau ria saat membaca bareng buku romance). Siapa sangka, BBI justru membawa banyak pencerahan dalam dunia baca saya, dan membuka cakrawala buku menjadi lebih luas buat saya.

Komunitas BBI yang semakin besar membuat perkembangan grup ini juga semakin cihuy dengan lahirnya @BBI_2011 di Twitter, yang akrab disapa Bebi, dan kabarnya memiliki kecanduan khusus terhadap bakpao dan Fanta biru.. Sampai kini, sosok Bebi belum diketahui pasti bentuk rupanya seperti apa, tapi yang jelas, update-nya tentang posting anak-anak BBI selalu cepat dan tanggap!

Keriaan BBI bukan sebatas di dunia maya saja, terbukti dari kopdar-kopdar dan beberapa event yang sudah terjadi di dunia nyata. Saya sendiri baru bertemu segelintir dari mereka, termasuk Mia, Ana dan Momo di sebuah sore di Plaza Semanggi, Althesia dan Mas Okta di acara gathering followers @Gramedia, dan kopdar berujung shoping di Kinokuniya bareng Ferina, Althesia dan Bang Helvry. Ow, bahkan waktu tugas kantor ke Balikpapan, saya juga sempet ketemuan sama Mei. Bagaimana rasanya bertemu dengan teman-teman pencinta buku? Seru banget! Karena kecintaan kita dengan buku ternyata bisa membuat obrolan ngalor ngidul perbukuan selalu nyambung dan ramai, meski baru untuk pertama kalinya ketemu di dunia nyata. Dan sekarang jadi punya banyak teman di seluruh penjuru tanah air =)

Selain menambah teman, mengenal Bebi juga berarti mengantarkan saya dengan kegiatan menarik seputar blogging. Yang paling berkesan misalnya Secret Santa akhir tahun kemarin, ajang tuker-tukeran kado (berupa buku tentunya!) antar anggota BBI dengan sistem undian, lalu membaca dan mereviewnya secara bersamaan. Kegiatan lain yang nggak kalah seru adalah ketika perayaan satu tahun BBI pertengahan tahun ini, di mana anggota BBI mengadakan giveaway hop secara serentak. Selain bagi-bagi hadiah, kemeriahannya juga terasa dengan saling mengunjungi blog dan berpartisipasi dalam giveaway satu sama lain. Cool! Dan meski saya nggak menang satu pun, peri baik hati Mbak Truly malah ngasih buku gratisan untuk yang kecewa nggak dapet giveaway =D How lucky am I?

Bebi adalah salah satu alasan kenapa saya semangat blogging, kenapa saya terus membaca, menulis review dan blogwalking ke puluhan (sekarang bahkan sudah ratusan!) blog buku keren yang bertebaran di luar sana. Saya jadi semangat membuat meme sendiri, Wishful Wednesday, yang kelahirannya juga merupakan hasil motivasi dari Mbak Fanda, salah satu anggota BBI paling aktif dan seru.

Thank you Bebi, for being a part of me! Semoga tambah maju, semakin seru komunitasnya dan terwujud semua rencana-rencananya ke depan. And keep on blogging my fellow BBI-ers =)

postingan ini dibuat dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional