Tags

, , , , ,

Judul: Rufus M

Penulis: Eleanor Estes

Penerbit: Harcourt Young Classic Edition (2001)

Halaman:233p

Rental di: ReadingWalk

Rufus Moffat, atau Rufus M, adalah anak bungsu keluarga Moffat yang super jahil, cerdas, banyak akal sampai kadang menjurus bandel. Meski sebenarnya Rufus sering bermaksud baik, kadang cara yang digunakannya membuat kita geleng-geleng kepala. Ada cerita tentang niat Rufus ingin memberikan lap kecil hasil rajutannya untuk tentara yang akan berperang, atau kisah Rufus menanam kacang panjang dan saking nggak sabarannya, kacang itu ia keluarkan dari tanah dan diamati setiap hari.

Namun Rufus anak yang panjang akal dan tidak mudah putus asa, terbukti saat ia dan kakak perempuannya, Jane, memulai bisnis jualan popcorn untuk mengumpulkan uang bagi tentara yang sedang berperang, dan saking hitsnya bisnis mereka, anak-anak seisi kota akhirnya semua menjual popcorn.

Eleanor Estes menyajikan kisah-kisah sederhana yang hangat dan dekat dengan keseharian. Setting cerita di kota kecil daerah Connecticut (yang merupakan cerminan kota kecil tempatnya tumbuh besar dulu) saat sedang berlangsung Perang Dunia I juga sangat mengena, bagaimana penduduk kota (termasuk keluarga Rufus) berusaha menjalani hari-hari mereka di tengah ketidakpastian, menantikan akhir perang sambil bertahan dengan margarin (bukan mentega) jatah mingguan serta batubara kualitas rendah.

Tapi yang tetap jadi pertanyaan adalah ke mana ayah Rufus ya? Tidak disinggung sepanjang buku, apakah ikut perang atau sudah meninggal? Yang pasti, ibu Rufus digambarkan sebagai single mom yang kuat dan sangat bijaksana menghadapi keajaiban anak-anaknya.

Rufus M. memperoleh Newbery Honor award di tahun 1944, dan merupakan buku ketiga dari seri keluarga Moffat (mungkin ayah Rufus disinggung di buku-buku sebelumnya?). Eleanor Estes juga menulis novel Ginger Pye yang memenangkan Newbery Award tahun 1951 (dan masih berada dalam timbunanku!)