Tags

, , , , ,

Judul: The Photograph

Penulis: Penelope Lively

Penerbit: Penguin Books (2004)

Halaman:236p

Rental di: ReadingWalk

Saat sedang mencari berkas di lemari, Glyn tidak sengaja menemukan foto Kath, istrinya yang sudah meninggal, di tengah tumpukan kertas-kertas usang. Yang mengejutkan, foto itu menunjukkan Kath sedang bergandengan tangan dengan seorang lelaki. Tertohok dengan kenyataan bahwa Kath pernah berselingkuh, membuat Glyn terobsesi mencari tahu masa lalu Kath.

Penelusuran membawanya kepada orang-orang yang tidak pernah ia kenal sebelumnya, teman-teman Kath di masa lalu, bahkan melibatkan orang-orang yang pernah dekat dengan keluarga mereka. Elaine, kakak Kath yang berebda 180 derajat dari adiknya, Nick, suami Elaine yang terlibat dalam affair Kath, juga Oliver, sahabat lama keluarga yang dicurigai tahu lebih banyak dari yang dia akui.

Namun yang tidak diduga Glyn, penyelidikannya ini membawa dampak lain bagi orang-orang tersebut, mempengaruhi hidup mereka dan membuat mereka mengenang kembali sosok Kath, yang meski sudah tiada, namun kehadirannya selalu tampak nyata.

Premis buku ini menarik, tapi entahlah ada masalah apa antara aku dan buku-buku British (Ingat buku yang ini atau yang itu?), yang jelas The Photograph pun cukup membuatku kurang sabar karena kelambatannya. Setiap tokoh mengingat Kath terus-menerus, dengan kesan yang hampir sama dan kalimat yang berulang, namun hingga akhir buku kita tidak diberi penjelasan pasti apa yang menyebabkan Kath melakukan hal-hal yang ia lakukan.

Lamban, datar dan suram, adalah ciri khas penulis Inggris yang untuk kesekian kalinya tidak bisa membuatku enjoy menikmati buku-buku mereka. Mungkin ada yang bisa share kiat-kiat menikmati British lit? =)

Advertisements