Tags

,

Di era digital dan internet seperti sekarang, belanja online sudah bukan merupakan sesuatu yang asing lagi, malah sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Tak terkecuali bagi para kutubuku yang serasa menemukan oase di tengah padang pasir dengan menjamurnya toko buku online, baik lokal maupun internasional.

Apa keuntungan belanja online? Pertama, tentu saja kita nggak perlu capek-capek pergi ke luar rumah, menembus hujan, panas dan macet, bayar ongkos transport atau bayar parkir di mall, dan desek-desekan sama orang waktu antri di kasir. Saat belanja online, pembayaran tinggal dilakukan dengan kartu kredit, paypal atau sistem transfer yang saat inipun sudah bisa melalui e-banking.

Keuntungan kedua, toko buku online sering menawarkan diskon-diskon menarik yang jarang ada di toko buku biasa. Minimal 15-20% biasanya ditawarkan oleh mereka, apalagi kalau ada promo khusus yang kadang diskonnya bisa 30-50%.

Tapi tapi, kerugiannya pasti ada juga ya? Namanya belanja pasti ada trade off – pelayanan yang kadang lambat dan tidak memuaskan, kondisi buku yang seperti beli kucing dalam karung (apalagi buku second!), dan ketar-ketir kalau pembayaran dilakukan dengan kartu kredit.

Anyway, di bawah ini adalah beberapa toko buku online yang sudah pernah saya coba, mudah-mudahan bisa menjadi masukan untuk yang ingin mencoba belanja online. Tapi hati-hati lho, kalau sampai ketagihan!

Bukukita.com

Ini adalah toko buku online lokal pertama yang pernah saya coba. Pengalaman selama belanja disini baik-baik saja, mungkin karena memang dikelola dengan profesional dan staffnya cukup banyak, serasa belanja di toko buku biasa. Plusnya belanja disini, sistem pelayanannya jelas. Setiap baru melakukan transaksi, baik itu pemesanan atau pembayaran, langsung ada email masuk ke inbox kita. Sistem pelacakannya pun jelas, karena kita bisa trace status belanja kita tanpa kesulitan berarti. Biasanya pesanan sudah sampai 3-5 hari kerja untuk di Jakarta. Harga buku relatif oke, dan asyiknya lagi ada sistem poin dan undian untuk pembelanjaan, di mana poin kita bisa ditukar dengan nomor undian berhadiah buku tiap bulannya (meski saya belum pernah beruntung sih, hiks).

Bukabuku.com

Salah satu online shop lokal yang juga saya suka. Meski tidak selengkap dan sebesar Bukukita, Bukabuku memiliki koleksi buku terbitan lama yang justru lebih banyak. Saya ingat, pernah berhasil mendapatkan buku-buku Dongeng Binatang dan serial Hutan yang sudah nggak ada di mana-mana. Lalu, pelayanannya lebih bersifat personal tetapi sigap, misalnya memberi tahu secara pribadi kalau buku yang kita cari kosong, dan menawarkan mau dicarikan dulu, atau dibatalkan, atau diganti buku lain. Bukabuku juga menyediakan pilihan buku impor yang kadang harganya lumayan.

Kutukutubuku.com

Nah, saya punya pengalaman kurang menyenangkan waktu belanja disini. Ceritanya, pesan 3 buku: Perahu Kertas (edisi tanda tangan), Lajang dan Menikah, sama Harriet si Mata-Mata. Email konfirmasi sudah masuk, katanya nggak usah bayar dulu sampai buku siap dikirim. Okeh. Tunggu punya tunggu, 4 hari kemudian, baru dikabarin, Perahu Kertas stocknya kosong. Ditawarin nunggu, tapi saya bilang ngga usah, batalin aja, jadi sisa dua buku yang dipesan. Katanya, oke, akan diproses yang Lajang Menikah. Tapi Harriet dicek dulu keberadaannya (kok ngga sekalian aja ya diceknya pas awal?). Tunggu punya tunggu, uhmm gak ada kabar. Dua hari kemudian, saya email lagi, tanya, gimana nih Harriet? Jawabannya: Kayaknya nggak ada, mau ganti buku lain aja? Zzzzz…Akhirnya saya ganti buku Edward Tulane, dan katanya ada. Oke, saya siap transfer donk. Eh..taunya, jumlah yang mereka kasih masih ada si Perahu Kertas, makanya mahal. Saya protes, akhirnya diganti ke jumlah yang benar. Langsung saya transfer, dan dikonfirmasi, katanya bukunya segera diantar. Oke. Tunggu tunggu lagi. Fast forward 8 hari kemudian, kok belom ada, huhuhu…Saya email lagi donk. Katanya masih diproses, minta maaf atas keterlambatan. Ok, tunggu lagiiii…10 hari kemudian, belum ada jugaaa..saya email lagi. Katanya, akan sampai dua hari lagi, sori kemarin kepotong libur lebaran (padahal kan bisa kasih kabar ya?). Ok, sabaaaar elus dada….Dua minggu kemudian, udah berganti bulan nih…masihhhh belum datang. Saya email lagi (sori ya, kepanjangan ceritanya hahaha semoga ga bosen), dibalas 5 hari kemudian: Mba, Perahu Kertas sudah ada, mau sekalian? Wakwawwwww…saya bilang gak usah, udah deh yang saya order aja yang dikirim cepetaaaannnn…. Daaannn jawabannya gong banget deh : Baik Mba, untuk buku Lajang Menikah, masih kami tunggu dari penerbit. MAU NANGIIIISSSS…hahahaha….Ini parah banget deh, saya pesen pas lagi hamil besar, sampe anak saya lahir, bukunya belum dateng juga =D Antara mau ketawa sama mau marah-marah. Tapi akhirnya saya relain, nggak saya kutak katik lagi, nyampe sukurrr, engga ya udahlah. Apalagi baru punya bayi, ngga boleh marah-marah terus nanti kualat. Jadi, saya nggak inget lagi kapan buku-buku itu nyampe setelah melewati perjalanan panjang berliku. Yang pasti, bukunya nyampe sih…Tapi, bikin saya kapok untuk belanja di kutukutubuku ini untuk sementara (sampai sekarang belum nyoba lagi). Mudah-mudahan sih pelayanannya makin meningkat ya, karena saya sebenernya suka baca background berdirinya toko ini, yang merupakan kolaborasi para pencinta buku seperti saya =)

Gramediashop.com

Toko buku online ini hanya menjual buku-buku terbitan grup Gramedia, dan diskonnya pun tidak terlalu besar (hanya 10-20% saja rata-rata). Tapi yang menyenangkan, katalognya tersusun rapi, dan langsung tersambung ke gudang sehingga bisa diketahui kalau buku yang kita cari stoknya terbatas/ memang kosong, tanpa kita harus menunggu konfirmasi lagi dari mereka. Untuk mencari buku-buku terbitan Gramedia yang sudah jarang di toko buku, Gramediashop bisa jadi pilihan yang lumayan banget.

Bukudedo.com

Ini adalah salah satu tempat favorit untuk mencari buku bekas alias peninggalan masa kecil. Model-modelnya buku Enid Blyton, Detektif Cilik, Dear Diary, pokoknya melengkapi bacaan masa kecil. Pelayanannya cepat dan very helful. Pengirimannya pun termasuk cepat. Hanya saja, memang harus rajin ngulik karena menurut pendapat saya, katalognya kurang user friendly. Padahal buku-bukunya sering diupdate lho!

Vixxio.com

Satu lagi recommended site nih, untuk yang suka nyari buku-buku lama atau bekas, meski ada juga koleksi buku barunya. Walau kadang untung-untungan karena buku yang kita cari belum tentu ada, tapi biasanya kita bisa menemukan buku lain yang nggak kalah menarik. Saya berhasil melengkapi koleksi Tracy Chevalier dari sini lho! Dan bukan karena pemiliknya sesama anggota BBI makanya saya puji-puji ya, tapi pelayanannya memang oke punya kok =D Suka disampulin pula, buku-bukunya.

Homerianshop.com

Tau toko buku ini pertama kali dari Mei, dan tertarik karena katanya menjual buku-buku yang tidak mainstream dan termasuk langka. Ternyata bener lho! Banyak banget ketemu buku yang bikin saya ngiler-ngiler. Tapi karena stoknya terbatas, kita memang harus siap bersaing dengan peminat lainnya, dan rajin-rajinlah cek update-an katalognya, siapa tau buku inceran kembali ada. Saya baru sekali nyoba belanja di sini, dapet buku Clockwork Orange dengan harga lumayan banget, kondisi masih bagus, dan dikirimnya cepeeet meski lokasi toko ada di Jogja. Highly recommended!

amazon.com

Siapa sih yang nggak tau amazon? Pelopor toko buku online yang sudah dikenal sejagad raya ini kayaknya punya koleksi paling komplit sedunia deh (lebay). Harga bukunya pun sebenarnya termasuk murah. Kelemahannya? Ada ongkos kirim yang harus dibayar, dan lumayan bikin stress juga untuk kita yang tinggal di Indonesia. Cara paling cerdas belanja di amazon adalah dengan menggunakan alamat seseorang yang tinggal di Amerika (untuk Amazon US) atau Inggris (untuk Amazon UK), lalu menitip untuk dibawakan pas mereka balik ke Indonesia. Ongkir ke Amerika murah banget, bahkan ada paketan gratis (Super save shipping) untuk pembelian minimal jumlah tertentu. Tapi ya itu, susah juga cari titipan orang yang akan pulang ke Indonesia. Cara lain adalah dengan membeli barengan orang lain, jadi ongkirnya dibagi rata, meski biasanya jatuhnya masih mahal juga sih. Saya pernah nekat coba-coba pesan sendiri dan dikirim ke Indonesia, lumayan juga ongkirnya hampir sama dengan harga bukunya, hahaha… Tapi nyampenya lumayan cepat, dan amazon punya sistem yang bagus, yaitu mengirimkan buku kita dari lokasi warehousenya yang terdekat. Jadi jangan kaget kalo ada buku yang nyampe duluan karena dikirim dari Australia, sementara buku lainnya masih nunggu dari Amerika. Oiya, saya juga harus bayar biaya tambahan sekitar 5000 rupiah waktu paketnya diantar ke rumah. Katanya untuk bea cukai (?) lokal. Tauk deh beneran apa akal-akalan mas kurir doang. Rata-rata paket amazon sampai sekitar 2-3 minggu ke Indonesia. Not bad lah.

bookdepository.com

Atau bookdepository.uk (karena originalnya online bookshop ini memang berasal dari Inggris). Kelebihan Book Depo dibanding toko lain sejenis, tentu saja di ONGKIR GRATIS nya hampir ke seluruh dunia. Uhuy! Dulu sempat lho, Indonesia nggak masuk ke dalam daftar ongkir gratisnya, dan saya pernah sampai email-emailan sama pengelolanya memohon-mohon supaya Indonesia dimasukkan dalam daftar. Surprisingly, tanggapan mereka ramah banget, dan menjanjikan kalau soon Indonesia akan berada dalam daftar. Eh…ternyata bener ajaaa…sekarang Indonesia sudah masuk ke daftar tujuan dengan ongkir gratis. Hepi banget!! Meski begitu, harga buku di sini memang relatif lebih mahal dibanding di amazon, dan koleksinya juga tidak selengkap amazon. Tapi dengan ongkir gratis, who cares? =p Oiya, satu lagi yang patut ditunggu dari Book Depo adalah kontes-kontesnya yang super seru, daannnn sale 24 jamnya yang menghebohkan. Jadi di waktu-waktu tertentu, ada satu penawaran khusus setiap jam selama 24 jam, bikin kita ketagihan melototin layar komputer biarpun artinya begadang semalaman atau ketauan bos di kantor. Kadang buku yang ditawarkan biasa aja sih, tapi sensasi nunggu-nunggu dan rebutannya itu yang nggak biasa, hehehe! Oiya, buku di Book Depo biasanya datang sekitar 1 bulan-an, sedikit lebih lama dibanding amazon.

Betterworldbooks.com

Pertama kali direkomendasikan situs ini oleh seseorang di grup Goodreads, dan ternyataaa…Better World Books is a really super cool bookshop! Nggak hanya belanja (daaan GRATIS ONGKIR juga ke Indonesia, uhuy!), kita pun sekaligus melakukan charity kalau beli buku di sini, karena untuk setiap buku yang kita beli, berarti menyumbangkan satu buku lain ke salah satu badan charity/yayasan/LSM yang berpartner dengan si BWB ini. Oiya, buku-buku BWB ini harganya agak mahal, jadi kalau nggak mau bokek, pastikan belanja di bagian USED BOOKS, atau buku-buku yang sedang SALE. BWB sering sekali mengadakan sale, tapi biasanya bargainnya harus beli lebih dari 3 buku (misalnya, 20% off for 3 or more used books, etc). Jadi biasanya saya suka join sama beberapa teman BBI (yang mau diculik kartu kreditnya), dan membeli borongan bareng mereka. Kalau beli used books, otomatis kondisi buku nggak akan sebagus buku yang baru, jadi jangan terlalu kecewa kalau buku yang kita terima sudah agak keriting, atau halamannya menguning. Anggaplah menambah koleksi buku antik =D Satu pengalaman yang kurang asik dari BWB saya alami waktu belanja bareng Mba Maria gara-gara ada diskon. Pilih buku yang bekas, harusnya dapet diskon, ehh malah ditagihnya buku yang baru. Padahal waktu konfirmasi masih buku yang bekas. Waktu ditanya ke adminnya, mereka bilang tidak bisa dicancel (meski bukan salah kita!), tapi bisa direturn. Policy untuk return-nya, ongkir kita saat mengirimkan buku ke mereka harus ditanggung sendiri, hikshiks. Sama aja boong ya? Anyway, nggak kapok sih belanja di sini, meski sempet agak bete juga gara-gara peristiwa ini.

Nahhh….bagaimana dengan pengalamanmu? Ada yang mau nambahin? Saya masih penasaran belanja di inibuku.com, yes24.co.id, opentrolley.co.id, books-centre.com, aprohead.com (also free delivery worldwide!!!), usegoodbooks.com (juga free delivery dan charity), almarideki.wordpress.com (yang bisa mencarikan buku2 bekas yang kita mau), dan…ada yang mau kasih rekomendasi lagi?

Feel free to add your comments!