Tags

Wahhh udah lumayan lama juga nih nggak absen di Character Thursday yang di=host oleh Mbak Fanda. Minggu ini, pingin ikutan lagi dengan pilihan karakter dari buku Fahreheit 451 (Ray Bradbury), Guy Montag.

Are they protagonist or antagonist?

Guy Montag adalah tokoh protagonis dalam novel klasik Fahrenheit 451.

Who are they? What was their role in the book?

Guy Montag adalah seorang fireman di setting dunia masa depan. Namun bukannya memadamkan api, tugas firemen saat itu justru membakar buku-buku yang masih ditemukan eksis. Guy memulai kariernya tanpa pernah tahu mengapa buku-buku dilarang dan harus dibakar. Namun seiring cerita, Guy mulai mendapatkan pencerahan, dan malah berbalik membela buku dan ilmu pengetahuan, meski ditentang oleh sekelilingnya, termasuk istrinya sendiri.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Meski dunia sekelilingnya sudah dikuasai oleh televisi yang mengontrol hidup mereka, Guy justru membuka pikirannya dan berani menentang hal-hal yang tidak sesuai dengan hati nuraninya, meski ini artinya harus menghadapi bahaya dan cercaan semua orang. Guy melepaskan kehidupannya yang nyaman namun datar, demi memperjuangkan apa yang menurutnya benar.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength: keberaniannya menantang hal-hal yang tidak sesuai hati nuraninya, dan keinginannya yang kuat untuk lepas dari dunia gila yang sudah mengontrol hidupnya.

Weakness: ragu-ragu di saat awal, namun ini masih merupakan sesuatu yang wajar mengingat Guy sudah didikte selama 30 tahun hidupnya oleh dunia yang tidak memperbolehkannya berpikir dan memiliki opini sendiri.

How do they develop throughout the book?

Dari seorang pembakar buku menjadi penyelamat buku, Guy adalah wakil sempurna dari tokoh from zero to hero. Go Guy!

What makes you love/hate them?

Keberanian Guy untuk membuka hati dan pikirannya membuat ia menjadi tokoh yang sangat memorable, meski sempat jiper dan ragu-ragu, namun akhirnya rela kehilangan semua yang dia miliki demi memperjuangkan apa yang menurutnya benar.

What lessons or influences you got from them?

Jangan pernah berhenti berpikir dan membuka hati. Belum tentu semua yang didiktekan orang-orang di sekeliling adalah yang terbaik, bahkan orang terdekat sekalipun. Kehilangan segalanya, asal bukan hati nurani dan integritas, bukan masalah.

Dalam film versi 1966, Guy Montag diperankan oleh Oskar Werner. Jadi penasaran pengen cari filmnya!

kurang jantan ya kayaknya sebagai si Guy?